International Virtual Tour Part 2: New Zealand

International Virtual Tour Part 2: New Zealand

International Virtual Tour SMPIT Al Haraki kembali diadakan pada Jumat, 26 Maret 2021. Kegiatan Virtual Tour Part 2 ini selain diikuti oleh seluruh siswa dan guru-guru SMPIT Al Haraki ini juga dihadiri oleh orang tua siswa dan perwakilan dari unit-unit serta manajemen SIT Al Haraki. Dengan mengusung konsep berita Indonesia Morning Show milik stasiun TV Net, kegiatan Virtual Tour ini dipandu oleh Nouvel Adrian dan Tursi Marissa. Turut hadir pula Rohmah Silalahi yang merangkap menjadi MC pada kegiatan pembukaan dan informan IMS yang tengah menempuh pendidikan disalah satu kota yang berada di negara tujuan Virtual Tour Part 2.

Kali ini di kegiatan Virtual Tour Part 2, SMPIT Al Haraki mengunjugi salah satu satu negara dengan pemandangan luar biasa yang berada di bagian ujung selatan dunia, yaitu negara New Zealand. Secara geografis negara ini berbatasan dengan Australia di bagian barat, Fiji dan Tonga disisi utara, kemudian di sisi Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik sedangkan dibagian selatan berbatasan dengan Laut Antartika.

Bahasa Nasional yang resmi digunakan adalah Bahasa Inggris, Bahasa Maori dan Bahasa Isyarat. Bahasa Maori merupakan bahasa yang digunakan oleh bangsa Maori, suku asli di New Zealand yang dalam bahasa Māori sering dinamai Aotearoa. Mata uang nasional New Zealand adalah Dolar New Zealand atau dikenal dengan sebutan dolar kiwi. New Zealand merupakan salah satu negara maju yang sumber penghasilan utamanya berasal dari sektor jasa, sektor perdagangan dan sektor ekspor. Selain itu ekonomi New Zealand juga ditopang dengan infrastruktur yang memadai terutama dalam bidang teknologi informasi komunikasi dan perfilman.

Terdapat tiga kota yang dikunjugi dalam kegiatan Virtual Tour Part 2 New Zealand ini. Di Kota Pertama yaitu Wellington yang merupakan ibukota New Zealand, Alkians diajak berwisata sejarah dengan mengunjugi beberapa tempat seperti Museum Cable Car, Botanical Garden, New Zealand Parliament, Wellington Museum dan Museum Te Papa. Tak pula wisata kuliner dengan mengunjungi restoran Indonesia pertama di Wellington yaitu Garuda Truck and Eatery.

Selanjutnya di kota kedua yaitu Queenstown kegiatan Virtual Tour Part 2 ini berfokus pada eksplorasi wisata alam yang luar biasa. Dimulai dengan mengunjugi Arrowton, sebuah desa kecil yang setiap musimnya berganti warna, Coronet Peak dengan permainan ski dan kereta gantungnya, serta Milford Sound salah satu tempat wisata paling terkenal di New Zealand yang menawarkan paduan ciri alami spektakuler dengan penanda visual luar biasa di setiap sudutnya.

Adapun kota terakhir yang dikunjungi adalah Auckland. Di kota utama dan kota terbesar di New Zealand ini selain melakukan City Tour yang dipandu oleh Rohmah Silalahi dengan mengunjungi Harbour, Waterfront, Sky Tower dan Queen Street serta University of Auckland yang menempati peringkat 83 universitas terbaik di dunia, museum of transportation Auckland dan masjid Al Maktoum juga mengunjungi beberapa tempat yang jaraknya cukup jauh dari Auckland, yaitu Waitomo Glowworm Caves, Hobbiton Village, Agrodome dan Te Puia yang merupakan tempat tinggal suku Maori.

Kegiatan Virtual Tour Part 2 ditutup dengan kuis yang diikuti oleh siswa dan guru. Sampai berjumpa di ALKI Virtual Tour selanjutnya!