International Virtual Tour Part 1: Switzerland

International Virtual Tour Part 1: Switzerland

Belajar tidak harus melulu mengenai pelajaran yang ada di dalam buku dan sekolah. Mempelajari budaya dengan berkunjung ke negara lain pun adalah salah satu bentuk pembelajaran. Banyak manfaat yang dapat temen-teman Alkians akan dapatkan saat mempelajari budaya negara lain. Setiap tahun biasanya SMPIT Al Haraki mengadakan International Student Visit, yaitu program kunjungan ke luar negeri dengan tujuan memberikan inspirasi pendidikan dari negara lain dan memperkaya pengetahuan dan wawasan budaya siswa. Tapi, keadaan pandemi telah membatasi setiap gerak yang kita miliki. Banyak negara yang menutup akses masuk pengunjung dari negara lain, sehingga International Student Visit pun tidak dapat terlaksana tahun ini. Namun untuk mengobati rasa rindu teman-teman Alkians akan dunia luar seperti tahun-tahun sebelumnya, SMPIT Al Haraki mengajak teman-teman Alkians untuk melakukan kunjungan virtual yang bernama International Virtual Tour Part 1 ke negara Swiss melalui Google dan Zoom. Program International Virtual Tour Part 1 ini mengusung tema Let’s Travel Around The World and Broaden Your Knowledge.

Program International Virtual Tour Part 1 telah dilaksanakan pada 25 Februari 2021 lalu. Program ini mendapat banyak sambutan dari berbagai pihak. Program ini tidak hanya diikuti oleh seluruh siswa SMPIT Al Haraki, namun juga Guru dari semua unit SIT AL Haraki, Karyawan, Yayasan, komite dan bahkan orang tua. Program ini merupakan program baru dengan menggunakan Google for Education (Google Earth dan Youtube) dan Zoom untuk menampilkan keindahan Negara Swiss. Teman-teman Alkians ditemani oleh Ms. Rohmah, Pak Novel dan Bu Tursi saat berjalan-jalan ke Swiss secara virtual. Destinasi wisata yang dikunjungi oleh teman-teman Alkians adalah Zurich, Lucerne, Engelberg, Titlis, Interlaken, Gridelwald, Jungfraujoch, Rolex Learning Center, Markas Besar PBB dan Jet D’Eau.

Teman-teman Alkians sanagat antusias dalam mengikuti program virtual tour ini. Di akhir program, ada sesi foto bersama dengan serempak menggunakan virtual background Jet D’Eau. Keseruan International Virtual Tour ini juga dilengkapi dengan adanya kuis di akhir program. Kuis ini berhadiah merchandise dari Swiss.

Semoga dengan adanya program ini dapat menambah wawasan internasional teman-teman Alkians dan memberikan motivasi kepada teman-teman Alkians untuk belajar lebih giat lagi nantinya. Sampai jumpa di International Virtual Tour Part 2!