Imtihanul Quran Angkatan Garvenios

SMPIT Al Haraki memiliki program pembelajaran Al-Quran mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Siswa diberikan pembelajaran tentang cara membaca, menghapal dan memahami Al Quran. Dalam memahami Al Quran diperlukan penguasaan dalam membaca dan menghapal Al Quran dengan baik, fasih dan lancar sesuai dengan tuntunan dalam membacanya. Selain itu siswa juga diberikan target-target yang harus dicapai selama menempuh pendidikan di sekolah.  Target-target ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap Al-Quran.

Berdasarkan hal tersebut, maka SMPIT Al Haraki merancang suatu kegiatan bernama IMTIHANUL QUR’AN yang dilakukan oleh seluruh level 9 Garvenios. Adapun tema kegiatan Imtihanul Qur’an tahun ini yaitu  Bersama Alquran kita wujudkan generasi yang berakhlak kokoh dan berjiwa Tangguh yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap hasil pembelajaran Al Quran dan juga sebagai salah satu syarat kelulusan di SMPIT Al Haraki.

Kegiatan Imtihanul qur’an dilaksankan pada hari Sabtu, 10 April 2021. Kegiatan Imtihanul qur’an dimulai dengan kegiatan muroja’ah dan shalat dhuha  yang dilakukan oleh seluruh peserta Imtihanul Qur’an  dirumahnya masing-masing. Selanjutnya, peserta Imtihanul qur’an memasuki Zoom Meeting yang sudah di share oleh panitia dan langsung di damping orang tua masing masing. Kegiatan Imtihanul qur’an dibuka dengan pembacaan alfatihah yang dipandu oleh MC yakni Ibu Irma Khairunnisa dan dikuti oleh seluruh peserta Imtihanul qur’an, orang tua level 9 dan tamu undangan Imtihanul qur’an yang berada di ruang zoom meeting.

Kegiatan Imtihanul qur’an dilanjutkan dengan pembacaan tasmi al qur’an (sesi 1) yaitu pembacaan Qs. Adz Zariyat, Qs. At Thur, Qs.An Najm secara Estafet Kemudian di sambung dengan pemutaran video Surat Al Qomar yang dibawakan anak anak siswa level 9. Setelah selesai pemutaran video surat Al Qomar Acara dilanjutkan dengan pembacaan tasmih (Sesi 2) yaitu pembacaan Qs. Ar Rahman dan Qs. Al Waqiah.

Setelah kegiatan Murojaah Estafet   selesai,  dilanjutkan Ujian Imtihanul qur’an, ( Munaqosah )  dimana Wakil kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Humas yakni Pak Hasymi dan Pak Novel memulai untuk mengambil kocokan, dilanjutkan oleh Ibu PMP Al Haraki  yakni Ibu Mowdy mengambil kocokan, Disaat itu juga Ustadz 3 kembar Hamanis pun ikut mengambil kocokan yang telah disiapkan oleh panitia. Kemudian Pak syamsul dan Pak Bassam akan memandu jalannya acara munaqosah ini dan  memberikan pertanyaan berupa hafalan juz 27 kepada ananda yang terpilih melalui kocokan tersebut. 

Kegiatan Imtihanul qur’an dilanjutkan dengan pemberian apresiasi (Alquran) dan sertifikat dari sekolah untuk Ananda level 9 yang diberikan secara simbolis oleh orang tua masing masing. Acara selanjutnya yaitu pemberian penghargaan  penghafal siswa terbaik (yang akan  diberikan kepada peserta Imtihanul qur’an disetiap kelas) yang pandu oleh MC. Adapun siswa siswi terbaik dari kelas Al Alaa adalah Ayman Hanifam Muslim dan Fatimah Maharani, siswa siswi terbaik dari kelas Al Fath adalah Rizky Ananda Yumansyah dan Auryn Dinda Hanifa, siswa siswi terbaik dari kelas Al Araf adalah Ahmad Faris Aula Zahrany dan Muthia Naila Huwaida Nugraha dan siswa siswi terbaik dari kelas An nasr adalah Darrel Prayata Aydin dan Vania Damar Pramesti

Kemudian, sampailah ke acara talkshow dengan tema “Mulia Bersama Al Quran untuk meraih kesuksesan di masa depan” bersama Ustad 3 kembar HAMANIS. Hamanis adalah singkatan nama dari Ustad 3 Kembar hafiz Quran  yang mampu menghafal 30 juz, Hannan,Mannan dan Ihsan ,mereka mengharafal mulai dari kecil, Disini, Ustadz Tiga Kembar memberikan cara-cara dan kiat agar dapat menghafal al qur’an dan  memberikan pengalamannya dalam menghafal al qur’an. Kegiatan talkshow dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, setelah selesai sesi tanya jawab selesai. Kegiatan Imtihanul Qur’an pun ditutup dengan doa yang di pandu oleh ayah dari Ustadz 3 kembar, yakni Ustadz Jamal, kegiatan Imtihanul Quran ditutup dengan sesi foto Bersama oleh Host baik panitia dan peserta.