.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Hari Binatang Sedunia diperingati setiap 4 Oktober. Peringatan ini dimulai di Florence, Italia tahun 1931 pada konvensi para ahli ekologi. Hari binatang sedunia adalah hari di mana orang-orang di seluruh dunia merayakan keberadaan binatang dengan memperjuangkan kesejahteraan dan hak-hak hewan. Hari binatang sedunia diperingati dengan berbagai cara di setiap negara, tetapi di setiap negara memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan standar kesejahteraan hewan diseluruh dunia sehingga membuat dunia yang kita tinggali ini menjadi tempat yang lebih aman lagi bagi semua hewan.

Selama ini, manusia telah membahayakan kesejahteraan hewan dengan menghancurkan habitat alami hewan untuk bangunan baru atau pertanian, menguji bahan kimia pada hewan dan sebagainnya.

Tujuan hari binatang sedunia adalah untuk mengangkat isu-isu dan memberikan perlindungan untuk seluruh spesies hewan di dunia.

Teman-teman perlu menjaga hewan agar tidak punah dan terus memberikan banyak manfaat untuk manusia serta makhluk hidup lain.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan melestarikan hewan.

1. Menjaga Lingkungan

Menjaga lingkungan perlu dilakukan agar hewan tetap memiliki tempat tinggal. Lingkungan yang rusak bisa membuat banyak hewan kehilangan tempat tinggal, dan berpindah ke tempat lain seperti pemukiman warga.

Apabila hewan-hewan terpaksa berpindah tempat tinggal dan sulit menyesuaikan diri atau beraptasi maka akan membuat hewan tersebut bisa mati.

Penebangan dan pembakaran hutan secara liar dan laut yang kotor bisa menjadi penyebab hewan-hewan kehilangan tempat tinggalnya.

Cara menjaga lingkungan yang bisa teman-teman lakukan yaitu dengan mengurangi membuang sampah sembarangan.

2. Tidak Mengganggu Hewan

Menganggu hewan bisa diartikan menjadi banyak hal seperti mengusik tempat tinggal atau melakukan pemburuan hewan liar.

Banyak hewan tersebut yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa berkembang biak sehingga tidak memiliki jumlah banyak.

Menggangu hewan atau melakukan pemburuan liar secara terus menerus bisa menyebabkan kepunahan atau kematian hewan tersebut.

Hewan yang diganggu juga bisa melakukan penyerangan balik kepada si penyerangnya dan bisa melukai.

3. Tidak Mendukung Kegiatan yang Merusak Lingkungan

Cara lain yang bisa teman-teman lakukan menjaga dan melesatarikan hewan ialah menolak kegiatan merusak lingkungan.

Kegiatan merusak lingkungan seperti pembabatan atau pembakaran hutan secara liar, ini bisa mengusik tempat tinggal hewan.

4. Mempelajari Ilmu Pengetahuan Tentang Kehidupan Hewan

Memiliki pengetahuan tentang hewan sangat baik karena kita bisa memberikan perlakuan yang baik kepada hewan tersebut.

Memiliki pengetahuan tentang hewan juga bisa membuat teman-teman akan lebih berhati-hati terhadap hewan, bisa membedakan hewan buas dan jinak.

5. Membentuk Suaka Margasatwa Guna Melindungi Hewan-Hewan yang Sudah diambang Kepunahan

Kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan keberadaan hewan tersebut agar bisa berkembang biak dengan baik dan layak. Nah itulah cara yang bisa teman-teman lakukan untuk menjaga dan melestarikan hewan. Jika teman-teman mempunyai hewan peliharaan dirumah selalu menjaga dan merawat hewan tersebut dengan baik ya.