HARAKI VIRTUAL TOUR INTERCULTURAL RAMADAN JOURNEY

Alhamdulillah Ramadan tahun ini telah tiba, kondisi Indonesia pun semakin membaik setelah pandemi melanda selama 2 tahun. Untuk semakin menyemarakkan bulan suci ini SIT Al Haraki menggelar kegiatan yang sangat menarik, yakni Virtual Tour Ramadan dengan tema “Intercultural Ramadan Journey

Tahun ini Haraki membawa siswa-siswi SMPIT dan SMAIT Al Haraki untuk mengenal Ramadan di dua negara dengan kondisi muslim yang berbeda. Pertama perjalanan dimulai di negara dengan jumlah muslim minoritas yakni Negara Jerman. Bersama dengan Kak Femi Niati Rachma, lulusan pasca sarjana dari Ludwig Maximilian University of Munich, Germany kita mengenal bagaimana beratnya perjuangan umat muslim di sana yang harus menjalankan puasa mulai dari 15 bahkan sampai 20 jam. Para muslim Jerman mayoritas berasal dari imigran Turki. Muslim dari setiap negara memiliki Islamic Center sebagai pusat ibadah, tarbiyah, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Selanjutnya kita berpindah ke negara dengan jumlah muslim mayoritas, yakni Arab Saudi. Bersama kak Imam Arifin, mahasiswa University of Madina. Kota Madinah terasa sangat spesial dan meriah selama Ramadan. Di setiap masjid para jamaah dapat menikmati buka puasa bersama dengan gratis, para muslim di Madinah selalu berlomba-lomba dalam bersedekah di bulan ini. Hal ini dapat siswa-siswi lihat dari beberapa video yang ditampilkan oleh Kak Imam.

Setelah kita berkeliling ke Jerman dan Arab Saudi kita bermain games quizizz untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta didik setelah mendengarkan sharing-sharing dari narasumber. Acara selanjutnya yaitu Ifthor Jama’I virtual sambil mendengarkan kultum yang dibawakan oleh Pak Jayandi. Kemudian acara ditutup dengan hiburan  oleh tim nasyid SMAIT Al Haraki.