Haraki Edufair Level 5 SDIT Al Haraki

Pada hari Rabu, 26 Mei 2021 telah berlangsung acara Haraki Edufair Level 5 dengan mengangkat tema “Let’s Dream and be Creative with Technology to be Successful in the Future”. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan virtual yang terdiri dari talkshow, presentasi, kuis, pameran dan penghargaan. Selain siswa level 5 beserta Ayah Bunda, acara ini juga diikuti oleh siswa level 4 dan 6.

Talkshow.

Kegiatan pertama, talkshow, menghadirkan Bapak Muhammad Bilal sebagai narasumber. Beliau adalah CEO Mizolla Studio yang memiliki kompetensi di bidang animasi. Kenal dengan karakter Nussa Rara? Nah, beliaulah animation supervisor-nya. Penjelasan mengenai animasi dipaparkan mulai dari dasar. Antusias siswa terlihat saat diberikan kesempatan untuk bertanya pada narasumber. Kiranya tema animasi memang tepat untuk usia mereka karena besarnya daya imajinasi yang dimiliki dan tingginya rasa ingin mencoba hal baru. Ternyata tidak harus jago gambar untuk bisa membuat suatu animasi karena pada akhirnya kita akan menemukan gaya kita sendiri yang unik dan berbeda dengan animasi karya orang lain. Sesi yang paling menarik perhatian siswa tentu saja saat praktik bersama membuat animasi, menggunakan gawai dengan dipandu narasumber. Aplikasi yang digunakan saat praktik adalah flipaclip dan Anim8. Siswa mengikuti langkah demi langkah sesuai arahan narasumber. Selepas acara Haraki Edufair Level 5, peserta dipersilakan mengumpulkan gambar/video animasi hasil kreasi mereka dan karya yang terpilih akan diberikan masukan langsung oleh narasumber.

Presentasi.

Presentasi merupakan bagian terpenting karena setiap siswa mendapatkan pengalaman untuk menyampaikan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama belajar di level 5. Seluruh siswa yang telah dikelompokkan menjadi 10 tim mata pelajaran sebelumnya telah melakukan beberapa kali pembinaan bersama guru pembimbing agar dapat menyampaikan presentasi dengan baik pada hari-H. Presentasi dibagi menjadi dua sesi, di mana setiap sesinya dibagi menjadi tiga breakout room. Pada sesi pertama tim kelompok mata pelajaran yang presentasi adalah tematik, PJOK, art, pendidikan agama Islam, komputer, dan bahasa Inggris. Adapun pada sesi kedua, tim kelompok mata pelajaran yang presentasi adalah ilmu pengetahuan alam, matematika, bahasa Arab, dan al Qur’an. Ketika presentasi, setiap tim menjelaskan 1-3 materi pilihan dari setiap mata pelajaran yang telah mereka pelajari selama di level 5. Teman dari tim kelompok mata pelajaran lain, perwakilan guru, dan tamu undangan yang menjadi peserta menyimak dengan tekun penjelasan dari tim yang presentasi, bahkan ada yang telah menyiapkan pertanyaan. 

Kuis.

Kuis dibuat dalam bentuk quizizz dengan materi presentasi sebagai bahan pertanyaannya. Sesi ini dirasa seru karena selain harus menjawab dengan benar setiap soalnya, siswa juga dituntut untuk bisa menjawabnya dalam waktu singkat agar bisa lebih cepat dari teman-temannya. Siswa-siswa yang ada di urutan tiga besar memperoleh hadiah dari panitia.

Pameran.

Hasil karya siswa level 5 selama satu tahun pembelajaran dipajang dalam galeri virtual Artstep. Peserta zoom mengelilingi galeri pameran dipandu panitia. Layaknya galeri pameran sebenarnya, interior ruang dan penempatan hasil karya siswa disusun dengan apik per mata pelajaran. Pameran virtual karya siswa level 5 dapat dilihat kembali, kapan pun, di link https://www.artsteps.com/view/6094f5f240de2d77a98c7c47?currentUser melalui gawai masing-masing. Ada sepuluh mata pelajaran yang karyanya ditampilkan dalam Artstep, yaitu: pendidikan agama Islam, al Qur’an, tematik, matematika, ilmu pengetahuan alam, bahasa Inggris, bahasa Arab, komputer, art serta pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Adapun untuk mata pelajaran musik sudah memiliki galeri tersendiri di Youtube SIT Al Haraki dengan tajuk Haraki Virtual Ansambel pada link https://youtube.com/playlist?list=PLjRTy45NsotzVD9AO2RebjV7OfCcJO6KV.

Penghargaan.

Setiap siswa diberikan penghargaan atas hasil upaya mereka bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran walaupun dari rumah secara virtual. Penghargaan tersebut berupa sertifikat yang mencantumkan nama dan mata pelajaran yang dominan dipahami dengan baik oleh masing-masing siswa, karena kecenderungan minat dan kebisaannya berbeda antar siswa satu dengan siswa lainnya.

Alhamdulillah rangkaian kegiatan dalam acara Haraki Edufair telah terlaksana dengan lancar, sejak awal sampai akhir. Sebagian besar siswa beserta Ayah Bunda memberikan apresiasi positif dan menyampaikan hal-hal baik saat sesi testimoni berlangsung. Jazaakumullah khoiron jazaa atas semua dukungannya