Haraki Edufair Level 3 SDIT Al Haraki TP. 2021/2022

Selasa, 29 Maret 2022 telah terlaksana kegiatan tahunan “Haraki Edufair” yang dilaksanakan oleh level 3 SDIT Al Haraki. Kegiatan Edufair level 3 ini melibatkan seluruh guru dan siswa di level 3, serta terdiri atas kegiatan yang dirancang secara online dengan melewati beberapa proses sebelumnya, seperti sosialisasi kegiatan, konsep acara di setiap kelas, latihan secara online maupun offline, dan proses take video. Kegiatan Edufair ini menyongsong tema “Wonderfull culture of Indonesian and amazing science”.

Puncak acara Edufair level 3 dipandu oleh MC dari siswa dan guru. Kegiatan diawali dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh Aldizar Satria Dammara dari 3 Arafah dan Alesha Hasna Ratifa dari 3 Tan’im, serta pembacaan doa oleh Bapak M. Syahroni, S. Pd. I, kemudian disusul sambutan kepala sekolah SDIT Al Haraki Bapak Hidayat, S. Pd.I serta sambutan koordinator level dari orang tua level 3 yaitu Ibu Yuni Sudaryati.

Edufair Level 3 menampilkan dongeng sains dari “Rumah Sains Indonesia” dan berbagai konsep tampilan yang berbeda setiap kelas. Penampilan kelas 3 Tan’im yaitu podcast oleh 2 siswa yang berisi tentang menceritakan kelebihan atau pengetahuan yang telah mereka peroleh setelah dua tahun PJJ. Dalam podcast tersebut akan diputarkan video dari setiap siswa kelas 3 Tan’im yang melakukan vlog video singkat dengan menyebutkan hal positif apa yang telah mereka peroleh selama PJJ. kemudian disambung dengan penampilan kelas 3 Thoif yang membawa suasana riang gembira dengan menampilkan video klip dan menari dari lagu oh senangnya dan sepuluh (melompat lebih tinggi).

Selesai menonton penampilan 2 kelas, siswa level 3 menyimak penyampaian dongeng dari rumah sains tentang Bung dan Upi: ilmuwan cilik yang melakukan petualangan sains dari hutan tropis Indonesia. Dalam dongeng tersebut tokoh Bung dan Upi memiliki misi membebaskan Mr. Energy dimana siswa level 3 akan menyaksikan eksperimen-eksperimen yang berkaitan dengan energy. Di sela-sela dongeng siswa-siswi level 3 melakukan percobaan membuat playdough yang dipandu oleh Rumah Sains Indonesia, kegiatan dongeng ditutup dengan tanya jawab siswa-siswi dengan rumah sains. Tindak lanjut dari kegiatan pembuatan playdough, siswa level 3 akan diberikan tantangan untuk membuat karya dari playdough yang telah mereka buat. karya terbaik akan dipilih dalam setiap kelas.

Selesainya menyimak dongeng, siswa-siswi menyaksikan penampilan dari kelas 3 Arafah yaitu mengenalkan salah satu peristiwa alam pergantian siang dan malam, kemudian pembacaan tilawah dan sari tilawah terkait ayat penciptaan siang dan malam untuk menambah nilai islami terkait pergantian siang dan malam, serta musikalisasi puisi. Setelah itu, sebagai wujud syukur sebagai seorang siswa adalah belajar menuntut ilmu, dan tetap mencintai tanah air dengan menumbuhkan jiwa nasionalisme. Jiwa nasionalisme dapat dikembangkan dengan rasa cinta terhadap kebudayaan dan tradisi antara lain dengan bermain permainan tradisional. Kelas 3 Mina menampilkan tentang permainan-permainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak-anak secara turun temurun. Di akhir acara, siswa akan menyaksikan hasil pembelajaran secara virtual yang dikemas dengan artstep. Pameran Online tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi atas produk pembelajaran yang telah dibuat oleh siswa selama di level 3. Semoga kegiatan Edufair ini dapat menambah motivasi belajar siswa level 3 dan menjadikan pengalaman yang bermakna.