Haraki Edu Fair Level 2

“Generasi Berkarater dan Berkompetensi, Siap Membangun Negeri

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam yang telah memberikan segenap nikmat kepada hamba-hamba-Nya. Salawat serta salam dan keberkahan senantiasa kita haturkan kepada Rasulullah saw, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Menjaga kelestarian alam dan budaya merupakan salah satu wujud perilaku bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Salah satu cara menjaga kelestarian alam dan budaya adalah dengan menjaga dan merawat lingkungan sekitar dan agar budaya kita dikenal dari generasi ke generasi adalah dengan menjunjung tinggi nilai budaya melalui tampilan-tampilan yang bernilai.

Sebagai negara yang memiliki keragaman budaya, Indonesia mempunyai berbagai macam bahasa, suku, dan tradisi yang sangat banyak haruslah kita melestarikannya dengan mengenalkannya kepada siswa siswi kita sehingga mereka merasakan akan kepemilikan dan bangga akan Indonesia karena merekalah generasi muda yang akan menggantikan para leluhur.

Manfaat dari mengenal budaya sedari dini menumbuhkan kecintaan terhadap negeri. Untuk itu, anak-anak perlu diperkenalkan macam-macam budaya salah satunya melalui tarian adat yang berada di Indonesia dan manfaatnya melalui kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan dan menjadi hal yang akan dikenang oleh anak dengan cara terjun langsung untuk melakukannya. 

Berdasarkan pemikiran tersebut, kami telah melaksanakan kegiatan Haraki Edufair level 2 SDIT Al Haraki dengan tema “Generasi Berkarater dan Berkompetensi, Siap Membangun Negeri yang akan melibatkan anak secara langsung. Kegiatan ini selain melatih motorik anak juga dapat mengenalkan budaya secara lebih nyata. Haraki Edufair ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 10 Maret 2020 mulai dari pukul 07.30 sampai dengan 12.00 yang dihadiri oleh seluruh siswa level 2 beserta orang tua masing-masing yang dimulai dengan parade seluruh siswa level 2 dengan walas dan aswalasnya, dilanjutkan dengan penampilan tiap kelas yang dimulai oleh penampilan kelas 2 Mekah dengan tema berbudi pekerti luhur, penampilan kedua kelas 2 Jeddah dengan tema bertanggung jawab penuh, penampilan ketiga kelas 2 Madinah dengan tema berwawasan global dan diakhiri oleh kelas 2 Riyadh dengan penampilan bertema berakhlak kokoh.

Semoga dengan diadakannya acara ini dapat menambah wawasan dan kecintaan terhadap negeri Indonesia ini sehingga anak-anak dapat memiliki karakter dan kompentensi yang hebat dan siap membangun negeri.