Haraki Cup 2020: Berprestasi, Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi

Haraki Cup 2020: Berprestasi, Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi

Haraki Cup merupakan agenda tahunan SIT Al Haraki yang diselenggarakan setiap bulan November. November sendiri merupakan bulan di mana Al Haraki berdiri. Haraki Cup adalah wadah kreativitas siswa untuk mengeksplorasi kemampuan mereka di bidang akademik maupun non akademik. Harapannya Haraki Cup dapat memfasilitasi minat dan bakat siswa untuk menjadi lebih berprestasi dan terus berinovasi.

Di tahun 2020 ini, SIT Al Haraki tetap menyelenggarakan Haraki Cup meskipun di tengah pandemi. Semasa pandemi ini SIT Al Haraki sudah menerapkan pembelajaran secara daring/online di seluruh unitnya. Sehingga baik siswa maupun guru mampu memanfaatkan berbagai media seperti laptop, smartphone, dan teknologi lainnya dalam pembelajaran daring. SIT Al Haraki berkeyakinan Haraki Cup tetap mampu menjadi ajang kompetisi bergengsi dan telah dibuktikan dengan keikutsertaan peserta lomba dari berbagai daerah di Indonesia seperti Tangerang, Pekanbaru, Malang, Cianjur dll.

Dengan mengusung tema kegiatan “Berprestasi, kreatif, dan Inovatif di Tengah Pandemi.” SIT Al Haraki siap memberikan ruang tumbuh baik bagi keluarga besar SIT Al Haraki maupun untuk peserta lomba secara umum, agar tetap berprestasi dan terus berinovasi di tengah tantangan pandemi.Selain menjadi wadah kreativitas, Haraki Cup 2020 sendiri bertujuan untuk menjadi sarana silaturahim serta kerjasama antar lembaga pendidikan tingkat TK, SD, SMP, dan SMA di Kota Depok dan sekitarnya. Serta memperkenalkan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Haraki ke dalam lingkup masyarakat yang lebih luas.

Kegiatan Haraki Cup 2020 sendiri terdiri dari kegiatan internal dan eksternal. Untuk kegiatan internal sendiri sudah lebih dulu diselenggarakan dan terdiri dari kegiatan webinar yang penyelenggaraanya sekaligus memperingati bulan bahasa 2020. Juga terdapat berbagai mata lomba yang masing-masing diselenggarakan disetiap unit dari Preschool hingga SMA. Selain itu ada lomba yang dikhususkan guru dan karyawan SIT Al Haraki.

Adapun mata lomba yang diselenggarakan dalam kegiatan Haraki Cup Eksternal adalah lomba Mewarnai dan Photo Contest untuk kategori TK, di kategori SD terdapat lomba Tahfidz, Rangking 1 RPUL, Vlog Creative, Menulis Cerita, Lessons Summary Check, dan Senam Gemu Famire. Adapun lomba di kategori SMP adalah Tahfidz, Olimpiade IPA, Komik Strip. Sedangkan untuk kategori SMA ada lomba Tahfidz, Poster dan Podcast yang merupakan gabungan dari dua kategori yaitu kategori SMP dan SMA. Di kategori umum sendiri terdapat satu mata lomba yakni lomba menulis cerpen.

Keseluruhan mata lomba tersebut telah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 17 Oktober 2020, dan sudah bisa mengupload materi lomba di tanggal 20 Oktober 2020. Sedangkan pendaftaran lomba ditutup di tanggal 8 November 2020. Pengumuman daftar peserta yang lolos ke babak final dilakukan pada hari Rabu, 11 November 2020. Di hari yang sama, diselenggarakan kegiatan Pembukaan Haraki Cup 2020 bersama Anjas Maradita seorang content creator yang dengan subscriber youtube mencapai 500 ribu.

Kegiatan pembukaan Haraki Cup 2020 dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Bapak Drs. H. Mohamad Thamrin, S. Sos., M.M. Turut hadir pula Ibu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Ibu Siti Chaerijah Aurijah, S. Pd., M.M., dan Bapak Camat Pancoran Mas, Bapak H. Utang Wardaya, A. P. M., M. Si. Sebelum kegiatan dibuka oleh Bapak Dinas Pendidikan, terlebih dahulu ada sambutan yang disampaikan oleh Ibu Direktur Pendidikan SIT Al Haraki, Ibu Susi P. Krisnawan, S.H. sekaligus memberikan gambaran tentang Haraki Cup 2020.

Dengan mengusung tema Pembelajaran Creativpreneur bagi Pendidik dan Sekolah di Abad 21, kegiatan Webinar dalam rangka Pembukaan Haraki Cup 2020 sukses diselenggarakan dengan total peserta lebih dari 400 yang berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti guru, tenaga kependidikan, mahasiswa, orang tua siswa dan masyarakat umum.

Adapun untuk pengumuman juara dari Haraki Cup 2020 sendiri akan diadakan pada hari Minggu, tanggal 15 November 2020 melalui website Al Haraki dan instagram @harakicup.