.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Sebagai wujud apresiasi kepada SIT Al Haraki atas komitmennya mewujudkan sekolah yang unggul dalam bidang teknologi, Google for Education Asia Pacific memilih SMPIT Al Haraki sebagai Google Reference School berikutnya. SMPIT Al Haraki terpilih menjadi Google Reference School yang kelima di Indonesia sejak 28 Maret 2023. Dengan terpilihnya SMPIT Al Haraki sebagai Google Reference School menjadikan
SMPIT Al Haraki salah satu sekolah yang diharapkan dapat menjadi pioneer dan inspirasi pembelajaran digital di dunia pendidikan.

Google Leader Series merupakan salah satu program dari Google Asia Pacific, yaitu program yang mengundang berbagai pemegang kepentingan serta pemerhati pendidikan dari berbagai negara di Asia Pasifik dengan tujuan memberikan inspirasi mengenai implementasi Google for Education di dalam pembelajaran digital di satuan pendidikan. Indonesia merupakan negara pertama dalam rangkaian kunjungan Google Leader Series yang dilaksanakan pada 23 hingga 24 Mei 2023. Selama 2 hari pelaksanaan kegiatan Google Leader Series, semua tamu undangan mengikuti kunjungan ke salah satu Google Reference School, mengikuti diskusi dalam forum, dan seminar bersama Menteri Pendidikan dalam rangkaian kegiatannya. Program ini dihadiri oleh berbagai petinggi pendidikan dari berbagai negara (Jepang, Taiwan, dan Selandia Baru), beberapa pemimpin daerah di Indonesia (Walikota Bitung, Walikota Solok, Walikota Gorontalo dan Bupati Bolaang Mongondow), beberapa kepala dinas pendidikan dan pemerhati pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia.

Google Indonesia memilih SMPIT Al Haraki yang merupakan Google Reference School di Indonesia sebagai sekolah percontohan bagaimana aplikasi Google dan perangkat Chromebook diterapkan dalam pembelajaran di dalam kelas di hari pertama program ini dilangsungkan. Para peserta yang hadir disambut hangat oleh SMPIT Al Haraki dengan penampilan perkusi dan tari tradisional oleh siswa dan siswi SMPIT Al Haraki. Selanjutnya adalah sambutan oleh Deputi 1 Direktur Pendidikan SIT Al Haraki,
Ibu Rizky Rahma Krisnayanti. Beliau menjelaskan implementasi aplikasi Google dan perangkat Chromebook di SMPIT AL Haraki kepada seluruh tamu undangan. Tamu undangan kemudian mengikuti Class Visit untuk melihat secara langsung bagaimana perangkat Chromebook dan variasi aplikasi Google digunakan di dalam kelas. Para tamu undangan dibagi ke dalam 13 kelompok kecil yang masuk ke dalam 12 kelas yang terdiri dari 4 kelas di level 7, 4 kelas di level 8 dan 4 kelas di level 9.

SMPIT Al Haraki sudah menerapkan aplikasi Google dan perangkat Chromebook di dalam pembelajaran sehari-hari selama 5 tahun terakhir. Setiap siswa di SMPIT Al Haraki memiliki 1 Chromebook yang mereka gunakan untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas. Guru yang akan mengajar di dalam kelas memberikan materi melalui Google Classroom sebelum memasuki kelas dan kemudian membahasnya secara kolaborasi antara siswa dan guru di dalam kelas melalui berbagai aplikasi Google yang interaktif menyenangkan, seperti Jamboard, Google Doc, Google Slides, Google Sites, dll. Tidak hanya itu, guru dan karyawan dari setiap bidang di SMPIT Al Haraki juga memanfaatkan Google Drive, Google Spreadsheets,
Slides dalam penyimpanan administrasi dan perangkat ajar. Dalam kesempatan ini, SMPIT Al Haraki diberikan kesempatan untuk melakukan praktik baik dengan menunjukkan bagaimana pembelajaran digital ini dapat diterapkan menggunakan aplikasi Google.

Google Leader Series menjadi momentum yang baik bagi SMPIT Al Haraki untuk saling memberikan inspirasi dalam bidang pendidikan kepada dunia.