Galaxzyo on Graduation: Achieve Your Dreams and Embrace the Digital Era with Confidence

Galaxzyo on Graduation: Achieve Your Dreams and Embrace the Digital Era with Confidence

SMPIT Al Haraki kembali menyelenggarakan kegiatan wisuda untuk siswa-siswi level 9 tahun pelajaran 2019/2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 ini kegiatan pelepasan tidak dapat dilakukan secara tatap muka langsung mengingat kasus covid-19 di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya. Meski demikian, Sabtu, 27 Juni 2020 masih menjadi hari yang bahagia untuk keluarga besar SMPIT Al Haraki terutama siswa-siswi level 9 angkatan Galaxzyo. Pada hari ini Angkatan ke-6 SMPIT Al Haraki ini telah resmi mengikuti prosesi wisuda yang bertema Achieve Your Dreams and Embrace the Digital Era with Confidence ini dengan hikmat.

Mengingat kegiatan wisuda ini dilakukan secara virtual, maka para peserta wisuda harus registrasi terlebih dahulu melalui Google Forms dan sudah diperbolehkan bergabung melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings 30 menit sebelum kegiatan dimulai. Tepat pukul 09.15 wib kegiatan dibuka oleh MC. Selanjutnya pembacaan tilawah dan saritilawah dibawakan oleh perwakilan level 8 dan level 7 serta doa yang disampaikan oleh perwakilan guru. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars SMPIT Al Haraki.

Acara berikutnya merupakan sambutan Kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M.Pd.I., dalam sambutannya selain memberikan petuah dan harapan kepada para wisudawan Pak Chairul juga menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh angakatan Galaxzyo selama tiga tahun berada di SMPIT Al Haraki. Sambutan kedua disampaikan oleh Camat Pancoranmas Bapak H. Utang Wardaya.

Direktur Pendidikan SIT Al Haraki, Ibu Susi P. Krisnawan, SH turut memberikan sambutan yang berisikan pesan dan kesan selama membersamai berbagai kegiatan student visit Galaxzyo baik nasional maupun internasional. Acara selanjutnya merupakan laporan yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan terkait 8 karakter utama siswa-siswi SMPIT Al Haraki yaitu, Berakhlak Kokoh, Berintegritas Tinggi, Berkarakter Mandiri, Berwawasan Global, Berkepribadian Tangguh, Bertanggungjawab Penuh, Berbudaya Luhur, dan Berjiwa Indonesia.

Berikutnya adalah acara inti yaitu prosesi wisuda SMPIT Al Haraki tahun pelajaran 2019/2020. Sebelum dilakukan prosesi wisuda, terlebih dahulu setiap walas dan aswalas dipanggil ke panggung untuk mewakili peserta wisuda menerima rapot dan medali yang diberikan oleh Dirdik SIT Al Haraki dan Kepala SMPIT Al Haraki. Setelahnya seluruh angkatan Galaxzyo yang berjumlah 114 siswa dengan menggunakan kostum wisuda secara berturut-turut mulai dari kelas Al A’laa, Al Fath, Al A’raf hingga An Nasr disebutkan oleh MC sembari disematkan kategori alkian. Setiap wisudawan yang disebutkan namanya akan disorot dan dilanjutkan pengalungan medali oleh orang tua.

Setelah proses wisuda selesai, dilanjutkan sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Bapak H. Mohamad Thamrin, S.Sos, MM yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ditengah kondisi pandemi ini tidak lantas menjadikan para generasi muda kehilangan harapan dalam menggapai cita-cita. Acara selanjutnya merupakan prosesi penyerahan kembali siswa-siswi angkatan Galaxzyo kepada para orang tua oleh Kepala SMPIT Al Haraki yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Letnan Jenderal TNI (Purn) Nugroho Widyotomo selaku orang tua dari ananda Hanif Irfan Putrayudha kelas 9 Al A’raf. Masih dalam prosesi serah terima siswa, orang tua siswa melalui Komite Sekolah memberikan cinderamata kepada para guru dan karyawan SMPIT Al Haraki yang diwakili oleh Ayahanda ananda Rhegita Zulfina Putri dari kelas 9 Al Fath.

Berikutnya adalah pembacaan janji alumni yang dipimpin oleh ananda Ahmad Faris Khairi kelas 9 Al A’laa. Selesai pengucapan janji alumni Ahmad Faris memberikan pidatonya selaku ketua angkatan Galaxzyo. Acara berikutnya adalah pemutaran VTS yang berisikan kumpulan testimoni dari perwakilan guru dan siswa terhadap angkatan Galaxzyo. Video persembahan lainnya dari Galaxzyo adalah penampilan musikalisasi puisi dua bahasa yang diiringi oleh instrumen musik.

Tidak mau ketinggalan, para guru dan karyawan SMPIT Al Haraki pun memberikan persembahan sebuah lagu dari HIVI yang berjudul, Jatuh! Bangkit Kembali! Dengan berakhirnya video persembahan guru, berakhirlah seluruh prosesi wisuda angkatan Galaxzyo. Semoga angkatan Galaxzyo dapat terus menjadi anak-anak yang taat ibadah, berprestasi dan memaksimalkan potensi diri di tingkat sekolah yang lebih tinggi.