First Aid Training for KKR

First Aid Training for KKR

First aid training merupakan Pemberian Pertolongan segera kepada korban sakit atau cedera/kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman peserta kegiatan sehubungan dengan dasar penanganan darurat untuk paramedis atau karyawan lainya di lingkungan SMPIT Al Haraki. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan bekal ilmu untuk para peserta dengan keterampilan dasar, terutama berkaitan dengan konsep dasar dan prosedur untuk mengatasi keadaan gawat darurat, sehingga peserta dapat mengenali dan deteksi dini insiden darurat di lapangan dan mampu memberikan bantuan awal kepada korban kecelakaan dengan cepat, akurat dan aman.

Mengingat pentingnya kebutuhan first aid training ini untuk anggota KKR (Kader Kesehatan Remaja) khususnya dan umumnya untuk civitas akademika SMPIT Al Haraki maka pada Sabtu, 21 Mei 2022 telah diselenggarakan first aid training yang pertama di SMPIT Al Haraki dengan pembicara kak Anton Mozza. Pada kesempatan pelatihan kali ini, kak Anton tidak sendiri, melainkan didampingi oleh kak Andy, dalam memberikan materi tentang dasar-dasar teori dan penanganan pada kecelakaan dan penyakit. 

Pelatihan ini tidak hanya di hadiri oleh seluruh anggota KKR, namun juga dihadiri oleh para guru dari unit preschool, SDIT Al Haraki, SMPIT Al Haraki, dan SMAIT Al Haraki. Selain itu, pramubhakti dan security juga diberikan pelatihan secara terpisah di hall SMPIT Al Haraki. Beberapa materi yang disampaikan oleh kak Anton dan kak Andy adalah bagaimana penanganan korban pingsan, sesak nafas, luka terbuka, memar, mimisan, patah tulang, dan tersedak. 

Terima kasih atas dukungan dan bantuan dari seluruh panitia KKR, guru, pramubhakti, dan pemateri yang terlibat dalam acara ini. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.