Entrepreneur Tour 2020 – Be Young Entrepreneur

Entrepreneur Tour 2020 – Be Young Entrepreneur

Proses belajar mengajar yang ditetapkan oleh pemerintah dan tertuang dalam kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari nara sumber. Namun, proses belajar juga meliputi proses pengamatan langsung kepada objek-objek yang berkaitan dengan bahan pengajaran yang dapat dilihat atau ditemui, hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitar yang diformulasikan menjadi teori dan bidang-bidang ilmu.

SMPIT Al Haraki sangat memahami hal tersebut, sehingga SMPIT Al Haraki membuat sebuah program yang di namakan Entrepreneur Tour. Entrepreneur Tour adalah kegiatan belajar secara langsung dengan melihat atau mempraktikkan hal yang dipelajari secara langsung. Melalui kegiatan entrepreneur tour peserta didik mempunyai pengalaman baru dalam belajar, semangat di dalam belajar, dapat merasakan suasana belajar yang berbeda, dan ilmu yang bermanfaat, karena menjadi seorang enterpreneur bukan hanya membuat atau menjual produk lalu memasarkan tetapi mempunyai jiwa dan karakter yang baik serta disiplin itu juga salah satu jiwa enterpreneur.

Kegiatan Entrepreneur Tour tahun ini mengusung tema “Empowering young generation become young entrepreneur”, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 Februari 2020. Yang menjadi peserta pada kegiatan Entrepreneur Tour adalah siswa siswi yang berada di kelas 7 dimana tempat kunjungannya adalah SEAMEO BIOTROP yang berada di kota Bogor dan PT Amerta Indah Otsuka yang berada di kota Sukabumi. SEAMEO BIOTROP (Southeast Asian Regional Center for Tropical Biology ) ialah organisasi menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 1965 melalu SEAMEO Charter yang ditandatangani oleh 7 negara di Asia Tenggara maka dibentuklah pusat-pusat di negara-negara Asia Tenggara yang saat ini berjumlah 17 pusat dan 3 cabang termasuk SEAMEO BIOTROP. PT. Amerta Indah Otsuka berbentuk Perseroan Terbatas yang merupakan anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang.

Di SEAMEO BIOTROP para siswa mendapatkan  beberapa wawasan dalam bidang IPA antara lain Budidaya jamur, Kultur jaringan,Entomologi (ilmu serangga), Hidroponik, Pembuatan kompos dan Aquaponik, beberarapa di antaranya siswa langsung praktek yaitu pada budidaya jamur.

Di PT Amerta Indah Otsuka para siswa mendengarkan penjelasan dari pihak pabrik tentang pendiri, sejarah berdirinya PT Amerta Indah Otsuka dan produk-produk apa saja yang dihasilkannya. Setelah itu,siswa melanjutkan factory tour yang pada kesempatan itu siswa dapat melihat proses pembuatan minuman pocari sweat dari yang berbentuk kaleng, botol hingga yang serbuk. Setelah puas melihat proses pembuatan minuman pocari sweat, siswa berlanjut ke arena games interaktif dimana games tersebut membuat semua siswa bergerak dan sangat antusias dengan games tersebut.

Setelah games selesai, siswa di arahkan ke bagian merchandise. Masing-masing siswa  dan guru mendapat goody bag yang berisi minuman Oranamin C dan Soy Joy,masing-masing siswa juga mendapat pin dengan nama mereka dan minuman pocari sweat. Ditempat itu juga dapat membeli berbagai makanan dan minuman yang dijual oleh PT Amerta Indah Otsuka ataupun membeli merchandise berupa tumbler,payung,goody bag dan lainnya.

Siswa kembali ke sekolah sekitar jam 20.00 setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan pengalaman yang mengesankan baik di SEAMEO BIOTROP ataupun pada PT Amerta Indah Otsuka.Semoga Ilmu yang di dapatkan di luar pembelajaran dapat diterapkan di sekolah dan dapat di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari.