English Learning Program in Kampung Inggris

Kegiatan English Learning Program merupakan sebuah program SDIT Al Haraki yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  peserta didik SDIT Al Haraki dalam berbahasa inggris dan membangun karakter yang mandiri serta bertanggung jawab.  Program ini diadakan selama 2 pekan pada tanggal 14 – 28 Februari 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan siswa siswi level  5 SDIT Al Haraki dan 6 guru pembimbing. Para peserta berangkat ke kediri menggunakan kereta dari stasiun gambir, lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan bus menuju kampung inggris di pare. 

SDIT Al Haraki bekerja sama dengan sebuah lembaga terbaik di kampung inggris yaitu FEE Center (Future English Education Center ).  Lembaga ini merupakan lembaga terbaik di kampung inggris pare. Selain difokuskan pada  bahasa inggris, FEE Center mengedepankan character building sebagai dasar utama peserta. Jadi, selain pengembangan kemampuan berbahasa inggris di FEE Center juga dilakukan pembinaan karakter yang diawali dengan pembiasaan peserta dalam kesehariannya.  Selama 2 pekan para peserta hanya dibolehkan memakai gawai selama 2 hari. Hal ini dilakukan agar para peserta dapat beradaptasi dengan lingkungan dan lebih fokus.

Selama 2 pekan berkegiatan di FEE Center para peserta didampingi tutor selama 24 jam, dari mulai bangun pagi sampai para peserta tidur didampingi oleh masing-masing tutor. Para peserta bangun pukul  4.00 pagi untuk solat malam dilanjutkan dengan solat subuh berjamaah.  Disana para peserta diwajibkan untuk solat berjamaah 5 waktu , tilawah, dan solat malam. Para peserta juga diberikan waktu istirahat untuk tidur siang. Mengingat kegiatan pembelajaran yang padat dimulai dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 9.00 malam. Meskipun sangat padat, tetapi kegiatan pembelajaran  dirancang dengan sangat menarik sehingga pembelajaran tidak terasa membosankan. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan seperti TOKI ( Tour of Kampung Inggris ) , adventure, belajar di kawasan candi, belajar di kafe, dan belajar di taman kota.  Tak kalah menarik kegiatan yang paling dinanti para peserta  adalah TOBA ( Tour of Batu Malang ), kegiatan ini dilaksanakan di hari ke 11. Para peserta bersama beberapa tutor FEE Center dan guru pembimbing pergi ke Kota Batu, Malang. Tujuan pertama adalah wisata ke Jawa Timur Park 1. Disana para peserta belajar di museum bagong lalu dilanjutkan bermain di wahana permainan Jatim Park 1. Kegiatan hari itu diakhiri dengan membeli buah tangan di pusat oleh – oleh Brawijaya Malang. Kegiatan pembelajaran ditutup oleh penampilan para peserta pada acara English Talent Show yang merupakan acara puncak dari rangkaian pembelajaran bahasa inggris selama 2 pekan.