Edufair level 1 “Finding your dream, Reaching your star”

Pelajar adalah generasi muda yang akan menjadi pemimpin pada masa mendatang. Para calon pemimpin tentu harus memiliki kecerdasan, wawasan,semangat juang, dan rasa cinta terhadap tanah air. Dengan bermodalkan hal-hal tersebut, akan lahir para pemimpin bangsa yang handal, cerdas, berwawasan luas, memiliki semangat juang yang tinggi, dan cinta tanah air.

Kecerdasaran ini harus dibangun dan dipupuk sejak dini, melalui pengalaman kegiatan pembelajaran yang mereka miliki saat ini semoga dapat menjadikan mereka bermanfaat dan mampu menghadapi persaingan di masa mendatang.

Oleh karena itu, para pelajar harus membekali diri agar mereka nanti mampu menjadikan dirinya mandiri, berani, adaptable dan kreatif.  Dalam kesempatan ini Level 1 SDIT Al Haraki bermaksud menyelenggarakan kegiatan virtual edu fair yang meliputipentas seni, pameran, presentasi dan kegiatan-kegiatan lain seperti inspirational class yang diharapkan dapat menjadi  salah satu sarana yang mampu  membekali  pelajar untuk  memiliki pengalaman, menambah wawasan, menumbuhkan semangat juang dan memupuk keberanian, serta menanamkan rasa cinta Tanah Air.

Kegiatan Edufair ini dilaksanakan selama dua hari , adapun kegiatan-kegiatannya sebagai berikut:

  1. Hari Pertama

“Inspirational Class”

Kegiatan hari pertama edufair ini dinamai dengan inspirational class. Di hari pertama ini agendanya adalah pembukaan edufair dan juga kelas inspirasi yang diisi oleh orang tua murid sebagai guest teacher. Dalam kesempatan ini, orang tua murid berkolaborasi dengan guru sharing tentang profesi dan pengalaman dalam meraih cita-cita.

Pada hari pertama ini, orang tua murid yang menjadi guest teacher adalah Ibu Dwi Kumalasari Ibunda dari Ananda Danish Raffasya Purwanegara kelas 1 Mihrab sebagai Banker dan Bapak Ilham Khalid Setiawan ayahanda dari Ananda Liam Othman Ubaydillah kelas 1 Raudhoh sebagai Dosen dan Animator.

Setelah inspirational class selesai dilanjutkan dengan melihat virtual exhibition karya siswa dengan media Artsteps. Di dalam virtual exhibition siswa dan orang tua dapat melihat beberapa hasil karya siswa dari beragam mata pelajaran yang telah dipelajari dari semeseter 1 sampai semester 2.

  2.  Hari kedua

Pada hari kedua siswa siswi kembali kedatangan tamu istimewa yaitu dua guest teacher, yaitu ; Ibu Yuslia Noviani Ibunda dari Ananda Donald Hadiansyah kelas 1 Marwa sebagai Dosen dan Apoteker dan Bapak Yudhi Candra, S.Kom ayahanda dari Ananda Marvel Keanu Candra kelas 1 Shafa sebagai pengusaha atau enterpreneur.

Kegiatan setelah inspirational class adalah melihat penampilan edufair dan penutupan acara. Siswa berkumpul dalam  link zoom untuk melihat beberapa penampilan, di sini penampilan tersebut akan dibawakan oleh siswa siswi itu sendiri yang berupa penampilan menyanyi, puisi, main musik, senam, sambung ayat dan bercerita. Disini setiap kelas akan mendelegasikan siswa dari setiap kelasnya untuk setiap penampilan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Adapun pembagian tema tiap kelas adalah sebagai berikut :

  1. 1 Shafa              : Menampilkan Medley bermain musik dan Menyanyi dan puisi bahasa Inggris bimbingan Bu Fita dan Bu Dessy  
    1. 1 Marwa           : Menampilkan cerita dan Menyanyi lagu “Kaulah Ibuku” dan “Cita-citaku” bimbingan Bu Irma dan Pak Sihab
    2. 1 Raudhoh       : Menampilkan Senam cuci tangan dan Puisi “Rindu sekolah” bimbingan Bu Dinda dan Pak Anggi
    3. 1 Mihrab           : Menampilkan Sambung ayat dan Medley lagu pembelajaran bahasa Arab bimbingan Bu Iis dan Pak Ihya

Serangkaian acara edufair ditutup dengan doorprize dari panitia dan juga pembicara untuk siswa-siswi level 1. Tak lupa orang tua murid juga memberikan feedback melalui Google form atas acara yang telah berlangsung dan juga kesan pesan selama mengikuti acara tersebut. Alhamdulillah acara berjalan lancar, semoga manfaat dan kebaikan dapat dirasakan oleh semua peserta acara dan juga orang tua siswa level 1.  Terima kasih atas semua yang telah berperan dan ikut berpartisipasi. Sampai jumpa di edufair tahun berikutnya.