Charity Ramadan SMAIT Al Haraki

Hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari bersumber dari Sahl bin Sa’ad bahwasanya Rasulullah saw bersabda, “Saya dan orang yang menanggung (memelihara) anak yatim dengan baik ada di surga bagaikan ini, seraya beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan beliau rentangkan kedua  jarinya itu” (H.R. Bukhari). Dari hadis tersebut, kita mengetahui bahwa betapa mulianya bagi setiap muslim yang menolong anak yatim dan betapa dekatnya rasul dengan orang-orang yang memelihara anak yatim. Oleh karena itu, SMAIT Al Haraki melalui Agenda Charity Ramadan berkunjung ke Panti Asuhan Darul I’lmi, Beji, Depok, pada hari Selasa, 4 Mei 2021.

Kunjungan ke Panti Asuhan Darul I’lmi dilakukan oleh para manajemen, guru, dan perwakilan siswa dari masing-masing organisasi. Siswa lainnya akan mengikuti rangkaian kegiatan melalui daring via zoom meeting . Acara ini merupakan rangkaian dari aktivitas Pesantren Ramadan SMAIT Al Haraki yang bertujuan untuk memupuk sifat tolong menolong dan rasa mengasihi antar sesama muslim. Hal inisangat penting untuk melatih kepedulian secara terus-menerus guna mempererat  persatuan dan tali persaudaraan antar sesama. Apalagi di bulan ramadan merupakan momen penting untuk memperbanyak ibadah karena semua amalan yang dilakukan dengan ikhlas insyaallah akan dilipatgandakan oleh Allah swt.

Acara Charity Ramadan langsung dibuka oleh Ananda Zahwa Refellyanne sebagai MC yang mempersilahkan Ananda Haiqal Hatta untuk membaca Al-Qur’an. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ananda Sulthan Sholahuddin untuk menambah keberkahan dan kelancaran setiap kegiatan. Kemudian, Seluruh peserta mendengarkan kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Siti Maidona, S.Si selaku kepala sekolah SMAIT Al Haraki. Beliau menyampaikan agar seluruh  siswa SMAIT Al Haraki dan anak-anak panti asuhan dapat mensyukuri kondisi mereka dan terus semangat dalam meraih mimpi. Setelah itu,  perwakilan siswa juga mempersiapkan beberapa games untuk menghibur anak-anak Panti Asuhan Darul I’lmi.

. Alhamdulillah, pelaksanaan acara berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kemudian, masuklah ke kegiatan penyerahan donasi ke Panti Asuhan Darul I’lmi yang diwakili oleh Ibu Dewi Hartati, M.Pd selaku Kepala Litbang SIT Al Haraki. Kemudian  dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa uang, sembako dan bingkisan kepada panti asuhan dan anak-anak yang diberikan langsung oleh masing-masing perwakilan dari SMAIT Al Haraki. Mudah-mudahan, apa yang  SMAIT Al Haraki berikan dapat menjadi manfaat bagi seluruh keluarga besar panti asuhan Darul I’lmi.

Kegiatan diakhiri dengan persembahan lagu oleh siswa bersama untuk menambah kemeriahan acara dan kegiatan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Keluarga besar SMAIT Al Haraki berharap acara ini dapat bermanfaat bagi Panti Asuhan Darul I’lmi dan dapat dilakukan terus menerus setiap tahunnya.  Sebagai penutup, Ali Bin Abi Thalib R.A pernah berkata “Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslim, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas). Insyaallah kegiatan ini dapat menjadi bekal kita nanti untuk masuk ke surga-Nya. Aamiin. (Fakhrur Razi)