Career Development Day

Career Development Day

Career Development adalah salah satu kegiatan di SMPIT Al Haraki yang memiliki tujuan agar peserta didik  lebih bisa mengenali dirinya serta mengenali perubahan dunia ke depan. Tujuan dari acara Career Development agar peserta didik dapat menjalani kehidupan kedepan dengan baik serta peserta didik tidak lagi menjadi bingung atas pilihan karir yang nanti akan dipilih. Peserta didik juga diharapkan bisa membuat portofolio karirnya sendiri serta tetap berdiskusi dengan orang tua masing-masing terkait pilihan karirnya di masa depan muali dari sekarang. Acara Career Development diikuti oleh seluruh peserta didik SMPIT Al Haraki dari level VII sampai dengan level IX. Acara Career Development dilaksanakan pada hari Kamis, 16 September 2021, Sebelum acara Career Development dimulai seluruh peserta didik SMPIT Al Haraki dari level VII sampai dengan level IX diharapkan untuk melaksanakan shalat dhuha dan dilanjutkan dengan pembacaan al matsurat yang dipimpin oleh teman-teman organisasi SMPIT Al Haraki melalui aplikasi zoom. Selanjutnya acara Career Development dimulai  dan dibuka oleh MC yang luar biasa semangat yaitu Pak Samsul Ma’ruf S.Si.

Acara Career Development dilanjutkan dengan  sambutan-sambutan dari Kepala Sekolah SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah M.Pd.I dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Komite SMPIT Al Haraki, Bapak Yusof Marsal, MT dan sambutan dari Deputi Yayasan SIT Al Haraki, Ibu Rizky Rahma Krisnayanti, S.Si, M.Sc. Setelah kegiatan sambutan, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu Materi pengenalan karir dengan tema “Paradigma Karir 4.0 Dan Penyusunan Portofolio Pendidikan” yang disampaikan oleh  Ibu Wening Cahyawulan, M.Pd dengan moderator Pak Samsul Ma’ruf S.Si . Dalam menyampaikan materi Ibu Wening Cahyawulan, M.Pd menjelaskan materinya sangat jelas  dan menarik sehingga membuat peserta acara Career Development antusias dalam acara. Hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada Ibu Wening Cahyawulan, M.Pd.   Sebelum acara dilanjutkan peserta Career Development melakukan kegiatan Ice Breaking bersama.

Acara Career Development dilanjutkan Materi Utama yaitu Pengenalan Profesi.Profesi yang ditampilkan dalam sesi utama ini adalah profesi-profesi yang saat ini dekat dengan siswa dan akan terus bertahan di masa depan. Dalam materi utama dibagi menjadi 3ruangan sesuai dengan levelnya masing-masing. Ruang pertama yaitu level  7 dengan  pemateri dari profesi Dokter (dr. Zakiah, MKM)  dan Programmer (Muhammad Dicka Nirwansyah), ruang kedua yaitu level 8 dengan pemateri Atlet Bulu Tangkis (Leani Ratri Oktila) dan Tim Jaguar 86 (Ipda Winnam Agus beserta tim) dan ruang ketiga yaitu level 9 dengan pemateri MUA (Zilka Maulizar) dan Film Makker (Ali Ghifari). Dalam menyampaikan materi seluruh pemateri menyampaikan materi sangat jelas dan inspiratif sehingga membuat peserta Career Development antusias dalam acara Career Development. Dalam acara Career Development diharapkan siswa-siswi SMPIT Al haraki dapat mempersiapkan diri menuju perjalanan karir yang akan dilewatinya dan juga diharapkan lebih mampu untuk mengenal kemampuan-kemampuan yang dimilikinya agar dapat berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.