BULAN BAHASA LEVEL 1-3

Bulan bahasa adalah merupakan rasa kecintaan dan rasa hormat terhadap sebuah fenomena yang terjadi  79 tahun yang lalu yaitu Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diharapkan makin menyadarkan masyarakat arti penting ikrar Sumpah Pemuda, termasuk ikrar menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2020, SDIT Al Haraki dengan mengangkat tema besar “Berprestasi, Kreatif dan Inovatif dengan Meningkatkan Literasi di Tengah Pandemi” memeriahkannya dengan berbagai lomba bahasa secara daring seperti tahfidz, mewarnai, menggambar, membaca puisi, menceritakan kembali buku bacaan, mendongeng, rangking 1, serta menulis cerita pengalaman belajar di masa pandemi.
Selain itu SDIT Al Haraki juga mengadakan webinar terkait dengan kebahasaan. Untuk level 1-3 mengangkat tema “Belajar Asyik Melalui Dongeng yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Literasi Siswa”. Teman-teman kecil Alki di level bawah diberikan berbagai ilmu tentang bagaimana cara mendongeng yang baik dan benar serta asyik.
Pukul 07.45 siswa/siswi melakukan registrasi daring ke zoom meeting yang tersedia. Lalu acara di mulai pukul 08.00 dengan dibuka oleh MC Ibu Nurfitri Islamia, S.Pd. dengan membacakan tata tertib dan susunan acara webinar. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ananda Rafif Farras Mahardika yang membacakan Surat Abasa ayat 1-20. Tidak lengkap tanpa adanya doa untuk memperlancar acara webinar ini, maka acara selanjutnya pembacaan doa oleh bapak Muhamad Sihabudin, M.Pd.I
Acara pun berlanjut ke sambutan yang dibawakan oleh bapak kepala SDIT Al Haraki, bapak Hidayat, S.Pd. I dan kemudian sebelum di lanjutkan sambutan dari ketua komite SDIT Al Haraki, ibu Nurafriyanti Saridewi, S.Sos ada penanyangan video finalis lomba membaca puisi dari level 3 SDIT Al Haraki oleh ananda Batrisya Balqisya Bahij Adjie dengan judul Corona dan Achmad Rahyan Anjabi dengan judul Keluarga Ku.
Setelah penanyangan video finalis lomba membaca puisi, barulah kita masuk ke acara inti, yaitu “Belajar Asyik Melalui Dongeng yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Literasi Siswa” bersama Kak Kanya dan Kak Zack serta bersama dengan moderator, ibu Irma Melani Rosita, S.Pd. Alhamdulillah acara berlangsung meriah selama satu jam bersama pembicara. Selanjutnya tanya jawab ke pembicara pun tidak luput dari kemeriahan webinar ini. Masuk ke penghujung acara bersama MC yang mengumumkan para pemenang lomba Bulan Bahasa SDIT Al Haraki.


About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki