Be Confident to Speak English in Talkative 1.0 2021

Be Confident to Speak English in Talkative 1.0 2021

Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa yang paling kompleks di dunia, tetapi Bahasa Inggris menjadi salah satu Bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari terlebih lagi jika tidak memiliki banyak kesempatan untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak diimplementasikan secara benar, pembelajaran Bahasa Inggris dapat menjadi canggung dan kurang menarik baik bagi guru maupun untuk siswanya. Salah satu hal yang paling tersulit dari Bahasa Inggris adalah meskipun memiliki banyak aturan, namun banyak sekali pengecualian untuk aturan-aturan tersebut.

Menyediakan seorang guru penutur asli Bahasa Inggris atau lebih dikenal dengan nama native speaker adalah salah satu cara untuk memberikan pengalaman berbicara dalam Bahasa Inggris kepada para siswa. Dengan memberikan siswa dan guru kesempatan untuk menggunakan bahasa target seperti suasana yang sesungguhnya membuat mereka tidak lagi seperti suasana belajar bahasa asing. Mereka dapat mempelajari bagaimana cara berinteraksi dengan intonasi, kosakata dan latar belakang budaya yang dibawa oleh native. Hal ini diharapkan dapat membuat siswa lebih fasih dan percaya diri dalam berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris.

Talkative merupakan singkatan dari Talk in English with Native. Program ini adalah program rutin yang dilaksanakan oleh SMPIT Al Haraki setiap satu kali dalam satu semester. Dalam program ini, siswa dan seluruh guru SMPIT Al Haraki belajar dan berkomunikasi dengan native speaker di dalam kelas selama sepekan dan pada Talkative 1.0 2021 ini program ini mengusung tema “Show your words to the world”.

Kegiatan Talkative 1.0 2021 dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 15 September 2021. Pada kegiatan tersebut terdapat dua belas sesi untuk siswa level 7, 8 dan 9 yang dimulai dari pukul 07.30 – 10.10 WIB, serta satu sesi untuk guru yang dilaksanakan pada tanggal 15 september pukul 14.15 – 15.30 WIB. 

Materi Talkative disesuaikan dengan materi pembelajaran yang sedang berlangsung. Pada level 7 materi yang digunakan yaitu Intorducing Youself, seluruh siswa level 7 diharapkan mampu mengenalkan diri sendiri dengan menyertakan ungkapan salam dan diakhiri dengan ungkapan mengakhiri perkenalan. Pada level 8 materi yang digunakan yaitu Ability and Disability dimana siswa diminta mengungkapkan kemampuan mereka dan ketidakmampuan mereka menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri. Pada level 9 materi yang digunakan yaitu Agree and Disagree, siswa diberikan beberapa pilihan dimana siswa harus memberikan ungkapan pendapat mereka berdasarkan masalah atau situasi yang diberikan menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri. Di setiap sesi, tidak hanya speaking skill mereka saja yang ditingkatkan, namun siswa juga ditugaskan untuk membuat sebuah karangan writing pada aplikasi Padlet yang telah disediakan. Siswa diharapkan dapat melakukan kolaborasi dalam menulis dan menuangkan ide mereka melalui penggunaan teknologi. Sedangkan, pada sesi guru, native mengajak seluruh guru SMPIT Al Haraki mampu memahami instruksi yang diberikan dan mampu memberikan pendapat terkait cara peningkatan kemampuan dalam berbicara bahasa Inggris dengan diselingi games menarik dari native.

Di akhir setiap sesi siswa level 7, 8, dan 9. Diharapkan seluruh siswa level 7, 8, dan 9 membuat video dengan durasi 6o menit dengan konten yang disesuaikan tema yang diajar. Level 7 membuat video dengan isi memperkenalkan Family Members. Level 8 membuat video dengan isi menceritakan kemampuan yang sangat dikuasai dan memberikan penjelasannya. Level 9 membuat video dengan isi memberikan pendapat mereka Agree or Disagree tentang “Learning English is Important” dan memberikan alasannya. Hasil video yang telah dibuat, diharapkan seluruh siswa level 7, 8, dan 9 mengunggah ke instagram dan menandai akun SIT Al Haraki.