Be A Good Public Speaker through Communication Training

Be A Good Public Speaker through Communication Training

Dalam dunia pendidikan saat ini, komunikasi mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat karena dengan komunikasi yang baik, tujuan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat tercapai. Bahkan saat ini, orang sering berkata bahwa tinggi rendahnya suatu mutu pendidikan  dipengaruhi oleh komunikasi.

Kemampuan dalam melakukan komunikasi yang efektif merupakan kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang pengajar. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonsia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; serta peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat bergantung kepada efektivitas proses komunikasi yang terjadi. Pembelajaran yang baik dan efektif akan memberikan ruang dan peluang agar anak dapat belajar lebih aktif serta dapat mengeksplorasi keingintahuannya  melalui kemampuan dan potensi yang dimiliki. Maka dari itu strategi membangun komunikasi dalam proses pembelajaran merupakan kunci utama keberhasilan proses pembelajaran dengan pendekatan antara seorang pengajar dan peserta didik.             Pentingnya komunikasi dalam dunia pendidikan maka SMPIT Al Haraki  membuat suatu program yaitu Training Komunikasi Efektif Guru. Adapun temanya yaitu “Bersinergi Membangun Komunikasi yang Efektif di Lingkungan SMPIT Al Haraki” yang diselenggarakan pada Jum’at, 27 Agustus 2021 pukul 13.00-15.30 WIB di Zoom Meeting. Adapun kegiatan Training Komunikasi Efektif Guru ini dihadiri oleh pemateri yang bernama Rahmi Yulia Ningsih, S.Pd., M.Pd. Ibu Rahmi merupakan seorang dosen Universitas Bina Nusantara dan juga penulis buku kumpulan puisi “Sajak Perempuan” yang diterbitkan Guepedia. Kegiatan Training Komunikasi Efektif dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB setelah Bapak Ibu selesai melakukan pembelajaran. Kegiatan ini dibuka oleh Pak Abdi Maha Putra, S. Pd selaku MC kegiatan. Dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Pak Bassam. Untuk menambah semangat kegiatan training komunikasi efektif guru, Kepala Sekolah SMPIT Al Haraki tak lupa memberikan sambutan dan kata-kata motivasi untuk selyruh guru dan karyawan SMPIT Al Haraki. Tibalah ke kegiatan inti yaitu penyampain materi yang disampaikan oleh Bu Rahmi. Sebelum menyampaikan materi, Bu Rahmi terlebih dahulu memperkenalkan diri hal ini dilakukan untuk menambah rasa saling kenal dan keakraban dalam kegiatan training. Dan selanjutnya, Bu Rahmi menyampaikan materi mengenai komunikasi efektif, stategi menciptakan komunikasi efektif serta Bu Rahmi tak lupa menjelaskan mengenai ragam bahasa dalam komunikasi. Dalam kegiatan Training Komunikasi Efektif Guru, guru dan karyawan SMPIT Al Haraki tidak hanya mendengarkan materi tapi juga mempraktekkannya. Setelah, guru dan karyawan SMPIT Al Haraki melakukan praktek mengenai komunikasi efektif dilanjutkan dengan games. Dari games ini terpilih 3 peserta terbaik yaitu Bu Irma, Pak Fariz dan Bu Tia. Kegiatan Training Komunikasi Efektif Guru ditutup dengan foto bersama. Dari Kegiatan Training Komunikasi Efektif Guru, panitia mengarapkan agar seluruh guru dan karyawan SMPIT Al Haraki dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah disampaikan oleh Bu Rahmi.