.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

“Dengan Kepramukaan Bangun Generasi Rabbani yang Berdisplin dan Berdaya Juang Tangguh”

ALKI Smart Camp (ASC) merupakan salah satu program kesiswaan dalam bidang kepramukaan yang bertujuan untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang tangguh, berani dan berjiwa sosial tinggi. Alhamdulillah pada tahun pelajaran 2022/2023 kegiatan Alki Smart Camp dapat dilaksanakan secara luring pada Selasa – Kamis, 24 – 26 Januari 2023 di Akbar Camp Cigombong Bogor.

Kegiatan ASC diawali dengan pelepasan siswa-siswi level 8 dari SMPIT Al Haraki oleh Kak Dewi selaku KaBag. Pengembang SIT Al Haraki. Siswa dan siswi kemudian menuju Akbar Camp, Cigombong menggunakan tronton.

Sesampainya di Cigombong, adik-adik penggalang segera melakukan apel. Kemudian mereka mendirikan tenda di lapangan dan melaksanakan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Mabigus Gudep Haraki, Kak Krisnawan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai perlombaan kecakapan pramuka, antara lain: Qori, membuat tandu dan memasak yang dilakukan secara berregu. Kegiatan dilanjutkan dengan dzikir sore, salat maghrib, salat isya dan makan malam. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan renungan dan kegiatan Write in The Dark ( WiD) dimana siswa-siswi menuliskan ucapan terima kasih untuk kedua orang tua, guru dan teman serta harapan dan janji perbaikan diri untuk ke depan.

Kegiatan hari kedua diawali dengan Wisata Hati yaitu siswa dan siswi dilatih keberanian dan kekompakan dalam regu untuk menyelesaikan misi di waktu sepertiga malam. Kegiatan wisata hati diakhiri dengan salat tahajud, berdzikir dan bermunajat hingga waktu subuh tiba. Kegiatan dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah dan dzikir al ma’tsurat.

Selanjutnya, siswa-siswi melakukan senam pagi yang dipandu oleh beberapa anggota Passus dan dilanjutkan menyantap sarapan bersama. Kegiatan berlanjut dengan Wide Game di area sekitar Akbar Camp, Cigombong. Siangnya, siswa-siswi melakukan latihan upacara api unggun dan latihan pentas seni. Selanjutnya siswa-siswi memasak untuk makan malam. Kegiatan di malam hari yaitu Upacara Api Unggun yang dipimpin oleh Pembina Pramuka SMPIT Al Haraki, Kak Hasymi. Kegiatan hari kedua ditutup dengan penampilan pentas seni dari masing-masing regu.

Hari terakhir kegiatan ASC Kamis, 26 Januari diawali dengan salat subuh berjamaah dan dzikir Al Ma’tsurat bersama. Kemudian adik-adik penggalang berkemas merapikan tenda seluruh perlengkapan serta bersiap untuk kegiatan sukarela. Kegiatan sukarela dilakukan di SDN 2 Cisalada. Acara ini dimulai dengan apel dan salam kenal dari SMPIT Al Haraki dengan SDN 2 Cisalada. Kemudian, adik-adik penggalang dibagi menjadi tiga kelompok untuk mendampingi kegiatan membuat mozaik, permainan tradisional dan cerdas cermat. Kegiatan sukarela ditutup dengan penyerahan perlengkapan olahraga, Al Quran dan buku-buku bacaan untuk SDN 2 Cisalada. Setelah kegiatan sukarela, adik-adik penggalang kembali ke Akbar Camp untuk bersiap mengikuti upacara penutupan dan pemberian apresiasi.

Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kedisiplinan, rasa tanggung jawab, kepedulian, menambah wawasan dan pengalaman yang berharga untuk angkatan Stargelious. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.