Alki’s Funtastic Parents Day

“Ayah-Bunda Senang, Ananda Tenang”

Hari Senin (15/07) yang cerah di Lapangan Futsal SDIT Al Haraki, telah berlangsung program Alki’s Funtastic Parents Day 2019. Tampak sejumlah panitia dan guru dengan ornamen serba “Oceanic” bergerak cekatan membagikan tanda mata berupa Name Tag, Gulungan Kertas dan Pembatas Buku yang lucu bagi Ananda di hari yang cukup bersejarah bagi mereka.

Program ini adalah dobrakan inisiasi Tim Komite Terpilih (Periode 2019/2022) yang didukung penuh oleh Tim Komite Aktif dan Manajemen Sekolah. Meski baru terpilih Tim Komite “Baru” sudah mulai membentuk kabinet yang mengawali program ini yaitu Bagian Infrastruktur Penunjang, Bidang Manajemen Acara, sebagai salah satu bagian dari organisasi dengan struktur baru.

Beberapa tujuan yang dibuat di antaranya yaitu untuk menyambut kedatangan perdana murid Level 1 di Hari Pertama Sekolah, saling memperkenalkan dan mengakrabkan para Wali dan Orang Tua Murid (WOTM), demi membentuk komunikasi yang positif dan koordinasi yang solid untuk mendukung Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) siswa. Keberhasilan program ini menjadi sangat penting, mengingat bahwa kualitas koordinasi WOTM akan menjadi modal awal yang besar hingga enam tahun mendatang.

Sejumlah sesi acara menarik disiapkan sedemikian rupa agar suasana menjadi sangat cair dan memudahkan WOTM untuk berkenalan. Setelah rangkaian sambutan hangat dari Bapak Hidayat, S.Pd.I (Kepala Sekolah), Ibu Titik Harlawati Nadziroh, S.Sos (Ketua Komite Aktif) dan Ibu Nurafriyanti Saridewi, S.Sos (Ketua Komite Terpilih) yang sama-sama menitikberatkan pentingnya kekompakan WOTM, acara kemudian diawali dan diisi dengan berbagai permainan seru.

Di antaranya “Tepuk Harmoni” yang menguji kekompakan WOTM mengikuti aba-aba Games Master agar memberi tepuk tangan dengan tempo teratur dan aba-aba stop yang tidak diduga-duga. Lalu “People to People” di mana WOTM ditantang untuk membentuk kelompok berulang kali dengan jumlah-jumlah anggota tertentu secara acak. Setelahnya “Data Processing”, dimana OTM ditantang untuk membentuk barisan ke belakang secara berurutan dengan ketentuan seperti tanggal lahir dan ukuran sepatu dari yang terkecil hingga terbesar. Kecanggungan saat melangkah di gerbang sekolah sebelumnya berangsur-angsur lenyap berganti gelak-tawa yang lepas.

Permainan inti pun kemudian dimulai di antaranya “Wrap Speed” dan “Group Juggling” yang sama-sama mengajak WOTM memperkenalkan diri dengan medium bola secara bergiliran namun dengan tingkat kesulitan yang berbeda. WOTM lalu perlahan ditantang untuk tampil lebih cepat di ronde-ronde berikutnya. Aturan ini ‘memaksa’ WOTM untuk berinisiasi dan berkoordinasi dengan suatu strategi tertentu yang dianggap baik. 
Setelah itu WOTM diajak terlibat dalam permainan tertulis yaitu “Keluarga Baru Saya”. Di sini mereka diminta menuliskan nama-nama WOTM lain sebanyak-banyaknya. Ini untuk mengukur seberapa berhasil panitia merancang acara yang efektif. Lalu “Prioritas Saya” menguji WOTM untuk menghapal dan menuliskan sejumlah jenis pengeluaran sekolah dengan nominal yang unik.

Acara ditutup dengan survey evaluasi online mengenai keseluruhan penyelenggaraan program dan tentunya foto-foto bersama sebagai suatu kesatuan. Semoga Keluarga Baru ini bisa terus memupuk kebersamaan dan kekompakan demi proses KBM yang berkualitas hingga kelulusan di tahun ke enam nanti. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.  (Rahman)