ALKI INDFEST 2021: Exploring International Culture Diversity When can’t Travel

ALKI INDFEST 2021: Exploring International Culture Diversity When can’t Travel

Alharaki International Day Festival merupakan salah satu kegiatan unggulan SMPIT Al Haraki yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para siswa dalam mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan sebuah negara. Kegiatan ALKI In Dfest ini ditujukan untuk siswa-siswi SMPIT Al Haraki dari level 7 dan 8 yang artinya setiap tahunnya SMPIT Al Haraki akan mengundang native sebanyak 8 orang dari berbagai negara.

Tahun 2021 kegiatan ALKI In DFest yang mengusung tema Exploring International Cultural Diversity When W e Can’t Travel ini diselenggarakan secara daring mengingat Indonesia masih dalam kondisi pandemi. Kondisi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini ternyata tidak mengurangi euforia siswa, guru serta orang tua dalam mempersiapkan seluruh atribut kegiatan.

ALKI In DFest 2021 diselenggarakan pada Kamis, 18 Maret 2021. Tepat pukul 08.00 wib, Pak Jayandi dan Pak Fiqih selaku MC membuka kegiatan. Kegiatan pertama yaitu pembukaan yang terdiri dari pembacaan tilawah dan doa siswa level 7. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMPIT Al Haraki dan Ketua Komite. Setelah sesi pembukaan, dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh maskot. PPT tersebut berisikan letak geografis, pariwisata, budaya, kuliner, pendidikan, bisnis dan fakta unik dari negara yang sebelumnya sudah diundi untuk setiap kelas. Berikut adalah daftar kelas beserta negara pilihannya, Al Kautsar: Argentina, An Naba: Spanyol, Ash Shafaat: Afrika Selatan, Az Zumar: EUA, An Nur: Turki, An Najm: Jepang, Al Mulk: Canada. Asy Syams: Maroko.

Setelah sesi presentasi, kedua maskot akan diberikan pertanyaan oleh juri yakni Pak Nouvel yang berkaitan dengan materi presentasi yang disampaikan. Selain membuat PPT, setiap kelas juga membuat sebuah video yang menjelaskan tentang negara pilihannya masing-masing. Dan selama sesi presentasi kelas terdapat selingan beberapa video dari alumni SMPIT Al Haraki yang tengah berkuliah di luar negeri yang turut berbagi pengalaman dan motivasi untuk para siswa SMPIT Al Haraki.

Sesi berikutnya adalah sesi klasikal yang terbagi menjadi dua bagian yaitu level 7 dan level 8. Di sesi klasikal ini mengundang dua native dari Amerika dan Jerman. Di level 7, kegiatan klasikal ini dipandu oleh Pak Samsul selaku moderator menyimak pemaparan native dari Amerika. Sedangkan di level 8 para siswa diajak menjelajahi Jerman bersama native Miss Emily dan Bu Nisa sebagi moderator. Setelah sesi klasikal selesai dilanjutkan dengan sesi kuis di Kahoot. Kuis ini dibedakan untuk level 7 dan level 8. Dan tepat pukul 12.30 kegiatan ALKI In DFest selesai dilaksanakan.

Berikut adalah daftar pemenang ALKI In DFest 2021
Presentasi Terbaik:
Level 7: Carissa Bella, Allysia Muthia dan M. Athar (Az Zumar)
Level 8: Sangga Arsa, Aisyah Salvia, dan Azfar Lubis (An Najm)

Video Terbaik:
Level 7
Juara 1: Ash Shafaat
Juara 2: Al Kautsar
Level 8
Juara 1: An Najm
Juara 2: An Nur

Kelas Terbaik
Level 7
Juara 1: Ash Shafaat
Juara 2: Al Kautsar
Juara 3: An Naba
Juara 4: Az Zumar
Level 8
Juara 1: Al Mulk
Juara 2: An Nur
Juara 3: An Najm
Juara 4: Asy Syams

Kuis Kahoot
Level 7
Juara 1: Carissa Bella (Az Zumar)
Juara 2: Allysia Muthia (Az Zumar)
Juara 3: Adinda Ayu (An Naba)
Level 8
Juara 1: Umar Faras (Asy Syams)
Juara 2: Zalfa S (Al Mulk)
Juara 3: Arben (An Nur)

Silakan cek di link berikut untuk melihat PPT dari masing-masing kelas
Al Kautsar: https://smp.alharaki.sch.id/argentina-alkautsar/
An Naba: https://smp.alharaki.sch.id/spain-annaba/
Ash Shafaat: https://smp.alharaki.sch.id/southafrica-ashshafaat/
Az Zumar: https://smp.alharaki.sch.id/uae-azzumar/
An Nur: https://smp.alharaki.sch.id/turkey-annur/
An Najm: https://www.thinglink.com/scene/1427601094346801154
Al Mulk: https://smp.alharaki.sch.id/canada-almulk/
Asy Syams: https://smp.alharaki.sch.id/marocco-asysyams/