ALKI IN D’FEST 2020 – Exploring Culture Through Diverse Character

ALKI IN D’FEST 2020 – Exploring Culture Through Diverse Character

Al Haraki International Day Festival atau yang biasa disingkat ALKI IN D’FEST merupakan program kesiswaan yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya asing dari berbagai negara untuk menambah wawasan siswa-siswi SMPIT Al Haraki. ALKI IN D’FEST yang dilangsungkan pada tanggal 4 Maret 2020 ini diikuti oleh seluruh peserta didik level 7 dan 8. Pada tahun ini ALKI IN D’FEST mengusung tema “Exploring Culture Through Diverse Character”.

Acara ALKI IN D’FEST dibuka oleh Ibu Dewi Hartati, M.Pd selaku Kabag. Litbang mewakili Ibu Direktur Pendidikan SIT Al Haraki. ALKI IN D’FEST tahun ini pun mengundang native dari berbagai negara, diantaranya: Lee Young Suk (Korea Selatan), Kay Khine Myint (Mynmar), Richard Elisha Magana (Tanzania), Iqra Yunus Palejwala (Kanada), Francklin Gabriello Olivah (Madagaskar), Ali Zambie (Gambia), Emily Soffie Anais Engler (Jerman) dan Sylvere Nshimiyimana (Rwanda).

Pada kegiatan ALKI IN D’FEST kali ini para native mempresentasikan mengenai negaranya masing-masing yang meliputi letak geografis wilayah, lagu kebangsaan, filosofi bendera kebangsaan, baju adat kenegaraan, makanan khas negara, mata uang, landmark/icon Negara, tempat wisata yang menjadi tujuan wisata, fakta menarik tentang negara tersebut dan sistem pendidikan yang ada di setiap negara yang dipandu oleh maskot dari masing-masing negara.  Peserta didik harus aktif mengembangkan kemampuan bahasa asingnya dengan melakukan sesi tanya jawab antara peserta didik dan native. Selama acara berlangsung tak lupa dilakukan penilaian kelas serta penilaian maskot oleh tim penilai terhadap masing-masing kelas, meliputi dekorasi kelas, makanan khas yang disajikan, performance setiap maskot, dan poster tentang berbagai negara asal native.

Pada kegiatan ALKI IN D’FEST tahun ini, dari level 7 kelas An Naba keluar sebagai juara pertama, disusul oleh Al Kautsar sebagai juara kedua, Ash Shaafat sebagai juara ketiga dan Az Zumar sebagai juara harapan. Dari level 8 kelas An Najm keluar sebagai juara pertama, disusul oleh kelas Al Mulk  sebagai juara kedua, kelas As Syams sebagai juara ketiga dan An Nur sebagai juara harapan. Dari keseluruhan para pemenang itu, kelas An Naba berhasil menjadi juara umum ALKI IN D’FEST tahun ini.  

Kegiatan ALKI IN D’FEST ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berbahasa asing dan mendapatkan wawasan tentang budaya dan informasi lainnya dari berbagai negara.