Akreditasi Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki

Akreditasi Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki

Pada Senin, 24 September 2018 Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI, Bapak Drs. Sudirwan Hamid, MH. Dan Bapak Drs. Nurcahyono, SS., M.Si., telah melakukan kegiatan visitasi di Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki. Kegiatan ini dilakukan guna mendapatkan nilai akreditasi perpustakaan. Selain itu kegiatan visitasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas berbagai aspek yang ada di perpustakaan, seperti pengolahan, sarana prasarana dan pelayanan di perpustakaan agar memiliki standar nasional.

Kegiatan visitasi perpustakaan ini diawali dengan pembukaan, sambutan kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M.Pd.I dan Perwakilan Tim Asesor Bapak Drs. Sudirwan Hamid, MH. Setelahnya Ibu Susi P. Krisnawan, S.H. Direktur Pendidikan SIT Al Haraki memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan visitasi perpustakaan tersebut.

Ada enam komponen yang dinilai oleh Tim Asesor yaitu Koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan dan Pengelolaan serta Komponen Penguat. Keenam komponen tersebut terbagi menjadi dua bagian, komponen 1-3 diperiksa oleh Bapak Sudirwan, sedangkan Bapak Nurcahyo menilai komponen 4-6. Menjelang siang kegiatan penilaian seluruh komponen akreditasi perpustakaan Ir. Bambang Suryanto rampung dilakukan.

Selesai ishoma kegiatan akreditasi perpustakaan ditutup dengan pembacaan berita acara hasil visitasi perpustakaan. Koleksi dengan bobot 20 mendapatkan nilai 20, Sarana dan Prasarana bobot 15 mendapatkan nilai 14,44, Pelayanan Perpustakaan bobot 25 nilai 25, Tenaga Perpustakaan bobot 20 nilai 18,66, Penyelenggaraan dan Pengelolaan bobot 15 nilai 14,33 serta Komponen Penguat bobot 5 nilai 5. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai yang didapat Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki adalah 97,44 atau mendapatkan nilai akreditasi A. Semoga hasil yang sudah didapat mampu menjadi motivasi seluruh pihak terkait untuk terus memaksimalkan fungsi perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki.