ACHIVEMENT MOTIVATION TRAINING LEVEL 6 SDIT AL HARAKI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Achievement Motivation Training (AMT) adalah sebuah program untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi berprestasi siswa. Jadi yang dikembangkan oleh Achievement Motivation Training (AMT) adalah motivasi menumbuhkan karakter yang baik. 

Tujuan Achievement Motivation Training (AMT) ini bukan menilai kepribadian siswanya, akan tetapi untuk membantu mengembangkan karakter siswanya. Beberapa hal yang dikembangkan oleh Achievement Motivation Training (AMT) adalah membentuk siswa menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, meningkatkan pribadi siswa menjadi lebih percaya diri, melatih siswa untuk terbiasa bersyukur atas nikmat yang diterima, mempersiapkan diri siswa dalam menghadapi Assessment Kompetensi Minimum (AKM).

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan level 6 setiap tahunya adalah AMT. Kegiatan AMT tahun ini dilakukan dengan webinar yang bertema “Bersyukur di Masa Pandemi dengan Meningkatkan Kemandirian, Kedisiplinan, dan Berbagi Kebahagiaan”. Webinar kali ini SDIT Al Haraki langsung mendatangkan pemateri dari manajemen SIT Al Haraki. Webinar yang diadakan pada Kamis, 15 Oktober 2020 ini diikuti seluruh guru level 6, menejemen SDIT Al Haraki, siswa level 6. Acara dipandu oleh Pak Hadian Tirta Lesmana, S.Ud dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 12.15. acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan pembukaan oleh Bapak Hidayat, S.PdI selaku Kepala SDIT Al Haraki dilanjutkan pemaparan kegiatan AMT oleh Ibu Dewi Hartati, M.Pd.

Pembukaan oleh Kepala SDIT Al Haraki, Bapak Hidayat, S.Pd.I sekaligus memberikan kata motivasi pembuka untuk tetap semangat dalam belajar selama pandemi. Beliau menyampaikan bahwa “Setiap dari kita memiliki motivasi tertentu karena motivasi merupakan sebuah alat yang bisa mendorong kita untuk lebih baik, lebih maju dan lebih hebat lagi”. Beliau juga menyampaikan bahwasanya kita tidak hanya harus memiliki kecerdasan spiritual melainkan harus memiliki akhlakul karimah seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Dewi Hartati, M.Pd. Beliau memperlihatkan video mengenai orang-orang yang masih kurang beruntung dibandingkan kita. “Masihkah kita berpikir menjadi orang yang paling susah?, oleh karena itu kita harus banyak bersyukur sebab masih diberi nikmat dan kemudahan dalam memperoleh pelajaran.”Ujar Bu Dewi. Target dari kegiatan AMT antara lain : sopan dan santun dalam bertutur kata, meningkatkan disiplin diri, menjadi pelajar bertanggung jawab, bekerja sama dengan teman, meningkatkan rasa percaya diri, aktif dalam setiap pembelajaran, mempersiapkan mental siswa secara psikologis agar mereka lebih siap dalam AKM, dan sukses dalam AKM.

Bu Dewi membagikan tips menjadi bintang, antara lain : luruskan niat, kesungguhan belajar, disiplin menggunakan waktu, percaya diri, tentukan target, tumbuhkan motivasi, ikuti kegiatan berorganisasi/ekstrakulikuler, kita semua punya prestasi, minta restu orang tua, sholat dan berdoa. Terakhir sebelum penutupan MC memberikan hadiah kepada 2 siswa teraktif selama kegiatan dan hadiah untuk 6 siswa tercepat dalam menjawab quizizz.

Semoga dengan diadakannya AMT, siswa nantinya mendapatkan pengalaman baru sehingga ada nilai lebih serta mempunyai motivasi tinggi dalam belajar dan memiliki rasa syukur.


About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki