5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mempererat Hubungan Orang tua dan Anak

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mempererat Hubungan Orang tua dan Anak

Setiap tanggal 29 Juni, Indonesia memperingati Hari Keluarga Nasional. Adanya Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tentu untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara, dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Dalam keluarga tentu ada hubungan erat antara orangtua dan anak, punya anak yang memiliki hubungan dekat dengan Bunda dan Ayah tentu menyenangkan ya, apalagi kalau anak bisa menganggap orang tuanya sebagai teman curhat. Hubungan orangtua dan anak yang seperti itu sudah pasti sangat erat ya. Kalau Bunda belum punya hubungan yang erat dengan anak, jangan sedih, ada cara untuk mempererat hubungan dengan anak.

Dilasir Very Well Family, ada beberapa kebiasaan yang bisa mempererat hubungan orangtua dan anak, berikut tipsnya;

  • Makan bersama

Makan bersama keluarga terbukti memberikan asupan nutrisi yang baik kepada anak-anak untuk pertumbuhan mereka, dapat memberikan kesempatan bagi anggota keluarga untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi, yang tentunya akan memperkuat hubungan baik diantara tiap anggota keluarga, membangun komunikasi yang baik antara anggota keluarga.

  • Mengobrol sebelum tidur

Seperti waktu makan, menjelang tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk berdekatan dengan anak. Bunda bisa memulainya dengan pertanyaan ‘ada hal seru apa hari ini?’. Kemudian, Bunda dan Ayah juga bisa bergantian membagikan pengalaman hari ini. Baik orang tua maupun anak dapat dengan leluasa menceritakan kegiatannya atau saling berbagi ketika menghadapi suatu masalah.

  • Bermain bersama

Salah satu cara terbaik untuk mempererat hubungan dengan anak adalah melakukan hal yang menyenangkan bersama. Misalnya, bermain sepeda besama di komplek. Bermain bersama anak sangat banyak manfaatnya; untuk membangun bonding antara anak dan orang tua, menjaga kesehatan mental anak, untuk meningkatkan kemampuan motorik anak dan mengedukasi anak.

  • Berpelukan

Berpelukan adalah cara yang ampuh untuk mempererat hubungan orang tua dan anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa berpelukan dapat mengurangi stress dan sebagai dukungan, dapat melindungi dari berbagai penyakit, membuat bahagia, dan dapat mengurangi rasa sakit. Jadi, biarkan anak-anak tahu bahwa Bunda dan Ayah menyayangi mereka dengan memeluknya setiap hari.

  • Biarkan anak membantu

Anak-anak sangat senang membantu. Jadi, dengan memberikan tugas kepada anak, mereka akan lebih bisa bertanggungjawab dan merasa dihargai. Puji mereka setelah penyelesaian tugas. Ini tidak hanya akan membuat Bunda dan Ayah lebih dekat dengan anak-anak, tapi juga mendidik mereka untuk menjadi orang yang memiliki tanggung jawab.

Oke Bunda dan Ayah berikut tadi kebiasaan sederhana yang bisa mempererat hubungan orangtua dan anak, antara orang tua dan anak perlu membangun komunikasi yang baik dan mengajarkan hal yang positif kepada anak, karena anak akan meniru apa yang mereka lihat dari sekitar mereka.