Bintang Satu Ketahanan Pangan Kantin Sekolah

Audit BPOM Provinsi Jawa Barat

Bintang Satu Ketahanan Pangan Kantin Sekolah

DEPOK – Terjaminnya keamanan pangan bagi seluruh anggota sekolah sesungguhnya sangat tergantung pada peranan dan tanggung jawab dari yayasan sekolah, karyawan kantin serta siswa/i yang ada di sekolah sehingga bisa meningkatkan keamanan pangan secara keseluruhan.

BPOM (Badan Pengawas Obat Dan Makanan), instansi yang memiliki wewenang untuk melakukan audit, pengecekan, dan pengevaluasi setiap instansi sekolah yang memiliki kantin. BPOM mempunyai syarat untuk sekolah yang dikatakan memiliki keamanan pangan yang baik, yaitu sekolah yang memiliki Piagam Bintang Satu. Sekolah yang telah memiliki piagam tersebut, yaitu kantin bersih yang menyediakan makanan sehat bagi siswa/i di sekolah.

Senin, 18 September 2017 menjadi hari yang penting untuk SDIT Al Haraki karena mendapatkan kunjungan dari tim Audit BPOM Provinsi Jawa Barat, ibu Fitria Augustin, S.Si, Apt selaku Kepala Pengaudit Bintang Ketahanan Pangan Kantin Sekolah. Kunjungan kali ini dikhususkan untuk mengecek dan mengevaluasi kembali makanan yang ada di kantin SDIT Al Haraki.

Acara dimulai dari penyambutan dari tim manajemen SDIT Al Haraki yang diwakilkan oleh ibu Vira selaku pengurus Yayasan Akbar dan bapak M. Hasan Basri selaku kepala kantin. Penyambutan yang ditempatkan di aula SDIT Al Haraki, Fitria Augustin, S.Si, Apt memberikan pernyataan, “Bahwa audit ini akan dilakukan secara rutin setiap setahun sekali, untuk mengecek dan mengevaluasi panganan yang dijajakan di sekolah dalam rangka menjaga kehigeniesan makanan kantin yang akan berdampak kepada meningkatkannya kesadaran siswa/i untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang sehingga berdampak baik kepada kesehatan siswa/i.”

Selanjutnya, tim dari BPOM diajak ke kantin sekolah untuk melakukan pengecekan dan evaluasi berbagai aspek yang terdapat di kantin. Tim audit menuju kantin dan mengecek setiap kebersihan etalase serta kebersihan makanan yang disediakan setiap penjual. Selanjutnya tim audit menuju tempat cuci piring yang disediakan di pojok kantin. Selain itu tim audit juga mengecek kebersihan lantai, meja dan bangku yang tersedia di kantin.

Setelah kunjungan berakhir bu Vira, pengurus Yayasan Akbar, memberikan sedikit ucapan terima kasih kepada tim audit, “Saya sampaikan terima kasih banyak kepada ibu Fitria Augustin dan tim audit lainnya atas kunjungan dan kehadirannya di SDIT Al Haraki dalam rangka audit bintang ketahanan pangan kantin sekolah. Semoga kantin kami semakin baik dan jika ada informasi mengenai perbaikan mutu kantin sekolah mohon bisa diinfokan ke kami.”

Dari hasil kunjungan dan penilaian tersebut, alhamdulillah SDIT Al Haraki pada tahun 2017 meraih nilai yang memuaskan yaitu 91.83 poin dari nilai sebelumnya yang hanya 88 poin. Hal ini mengartikan bahwa segala aspek kantin SDIT Al Haraki semakin baik dalam pelayanan dan penyediaan makanan serta sarana dan prasarana yang tersedia. (Tiwi)

 

[FAG id=4182]


About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki