Memahami Isi Bacaan dengan Teknik Review yang Menyenangkan

Memahami Isi Bacaan dengan Teknik Review yang Menyenangkan

Dalam KBBI daring literasi memliki tiga makna, pertama secara sederhana adalah kemampuan membaca dan menulis. Kedua, literasi bermakna pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. Ketiga, kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Sedangkan menurut Undang-Undang Sistem Perbukuan tahun 2017 literasi merupakan kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis sehingga setiap orang dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidupnya (UU Sisbuk, 2017).

Sejalan dengan kedua pemahaman tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan konsep 6 Literasi Dasar yang harus dimiliki oleh para peserta didik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Adapun 6 literasi dasar tersebut adalah, literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya & kewargaan. Penerapan literasi dasar ini pada sekolah di kenal dengan sebutan GLS.

GLS merupakan kepanjangan dari Gerakan Literasi Sekolah, yang merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh warga sekolah dan masyarakat untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran berbudaya literasi untuk membentuk warga sekolah yang literat, kompeten, dan berkarakter. Kecakapan literasi tersebut ditumbuhkan melalui praktik menyimak, berbicara, membaca, menulis, memirsa, dan menyajikan/ menampilkan gagasan, perasaan, dan perilaku yang berkarakter serta pengembangan kemampuan literasi tersebut dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.

Gerakan literasi sendiri sudah lama diterapkan di SMPIT Al Haraki, bahkan jauh-jauh hari sebelum GLS digalakan di sekolah sekolah. SMPIT Al Haraki telah mengembangkan kebiasaan dari beberapa literasi dasar seperti literasi baca tulis. Beberapa kegiatan literasi baca tulis yang sudah dilakukan dan terus dikembangkan di SMPIT Al Haraki adalah kegiatan fun writing, penulisan karya ilmiah, dokumentasi berbagai hasil karya siswa, lomba-lomba literasi di bidang baca tulis serta penulisan review dari buku yang telah di baca.

Di masa pandemi seperti ini tentunya kegiatan GLS di SMPIT Al Haraki agak tersendat karena siswa sudah tidak belajar di sekolah sejak pertengahan Maret 2020. Melihat kondisi seperti ini, Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto tentu tidak bisa berpasrah diri. Dengan segala keterbatasan yang ada, kegiatan Webinar Literasi diselenggarakan. Hal ini bertujuan agar gerakan literasi SMPIT Al Haraki yang pelaksanaannya sudah ada dititik pengembangan bahkan beberapa kondisi sudah ada di tahap pembelajaran tidak berhenti di tengah jalan.

Pada kegiatan Webinar LIterasi yang pertama ini, tema yang diangkat adalah memahami bacaan dengan berbagai teknik review yang mudah dilakukan dan menyenangkan. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 07 Agustus 2020 ini membahas teknik review dari kegiatan WJLRC yang tantangannya pernah SMPIT Al Haraki ikuti pada tahun 2016-2017. Adapun teknik review tersebut meliputi fishbone yang merupakan adopsi dari Dr. Kaoru Ishikawa, teknik AIH (alasan, isi dan hikmah), teknik Y-Chart atau dikenal juga sebagai Bagan Y serta teknik infografis.

Setelah materi selesai disampaikan oleh Pustakawan Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto Bu Tursi, para peserta kegiatan praktik langsung membuat review dari buku yang telah dibaca sebelumnya. Membaca satu buku dengan syarat dan ketentuan yang berlaku memang menjadi tiket siswa agar dapat mengikuti kegiatan webinar ini. Setelah selesai perwakilan dari setiap angkatan mempresentasikan hasil reviewnya, termasuk perwakilan dari guru. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini gerakan literasi SMPIT Al Haraki terus berjalan meski di kondisi pandemi juga para siswa dapat termotivasi mengembangkan diri. Salam literasi!