.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }
Mengajarkan Al Qur’an, dengan Metode yang Lebih Akrab

Pembelajan jarak jauh di tengah masa pandemi ini tidak menyurutkan semangat siswa dan siswi SDIT Al Haraki untuk terus mempelajari Al Quran. Seperti yang tercantum dalam sebuah hadits nabi  “Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Qur’an), maka bagi­nya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu di­balas dengan sepuluh kali lipat-Nya.” (HR. At-Tirmidzi).  Dalam satu pekan kemarin SDIT Al Haraki mengadakan Pekan Tahsin Day yang dilaksanakan 1 minggu full secara virtual yang dibagi dalam 3 level yaitu level 1, level 2, dan level 3. Kegiatan ini difokuskan untuk memperbaiki bacaan siswa, dengan mengusung tema “Generasi Islam, Generasi Pecinta Al Qur’an”. Menurut Ibu Dinda Kelsi Praminda,S.Pd selaku ketua Tahsin Day 2021, ia mengatakan bahwa waktu belajar di kelas amatlah singkat, sehingga perlu adanya 1 waktu yang mewadahi pembelajaran Al Qur’an siswa, dengan harapan dapat menumbuhkembangkan kecerdasan siswa-siswi SDIT Al Haraki dibidang kognitif, afektif dan spiritualnya khususnya pada pelajaran Al Qur’an.

Kegiatan ini dikemas dalam sebuah pembelajaran Al Qur’an dengan konsep fun activities sesuai dengan perkembangan tekhnologi dan kemampuan siswa, hal ini dimaksudkan agar siswa siswi SDIT Al Haraki senang dan semangat belajar Al Qur’an. Kegiatan diawali dengan murojaah hafalan bersama wali kelasnya masing masing, kemudian seluruh siswa dibagi menjadi beberapa grup kecil b erdasarkan level jilid bacaan (HQC) Haraki Qur’an Center, yaitu materi standarisasi Al Qur’an SDIT Al Haraki. Lalu kegiatan Thasin day ini diisi dengan pemberian materi tentang tajwid, makhroj dan siswa akan langsung praktek membaca di kelasnya. Metode pembelajaran akan disesuaikan pada masing – masing terkait materi yang belum dipahami atau kesulitan-kesulitan siswa saat membaca. Tidak hanya belajar Al Qur’an, kegiatan games online menarik juga disajikan dalam kegiatan ini dengan pertanyaan-pertanyaan seputar materi Al Qur’an yang sudah dipelajari sesuai dengan tingkatan levelnya, sehingga pembelajaran Al Qur’an terasa lebih menyenangkan.

Hari terakhir selesai dilaksanakannya kegiatan kegiatan tahsin day.  Siswa dan siswi level 1 -3  membuat kesan dan pesan selama Tahsin Day.  Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari siswa dan siswi yang telah melaksanakan kegiatan ini. Salah seorang siswi level 1, Aisya Farhana Zhafira dari kelas 1 Raudhoh, ia mengaku sangat senang mengikuti Tahsin Day karena belajarnya seru, fokus, menyenangkan dan pak gurunya asyik tulisnya disebuah kertas kesan dan pesan Tahsin Day yang dibuatnya.

 Semangat yang tinggi serta kerjasama dari para siswa, orangtua, dan guru membuat kegiatan ini berjalan dengan lancar. Keterbatasan waktu yang dimiliki dan kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat siswa dan siswi SDIT Al Haraki dalam mengikuti kegiatan Tahsin Day dan diharapkan kegiatan ini bisa memberikan efek semangat kepada siswa dan siswi SDIT Al Haraki untuk terus mempelajari Al Quran.