.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

SMPIT Al Haraki yang berbasis pada entrepreneurship mengembangkan program Entrepreneur Student Visit sebagai salah satu program untuk memberikan pengalaman belajar pada siswa yang tidak hanya sebatas di dalam kelas tetapi melalui praktik di luar kelas. Program Entrepreneur Student Visit ini juga mengajak siswa melakukan kunjungan edukatif. Tidak sekedar berwisata ke tempat-tempat bersejarah namun juga mengajak siswa untuk praktik langsung atau menyaksikan hal – hal yang yang berkenaan dengan kewirausahaan.

Program kegiatan Entrepreneur Student Visit Goes to Solo-Jogja angkatan Stargelious telah dilaksanakan pada Selasa-Jumat, 23-26 Agustus 2022. Kegiatan Entrepreneur Student Visit Goes to Solo-Jogja diawali dengan pelepasan siswa-siswi level 8 dari SMPIT Al Haraki oleh Deputi 1 SIT Al Haraki pada hari pertama kegiatan untuk menuju Stasiun Gambir dengan tujuan Stasiun Solo Balapan.

Pada hari kedua kegiatan, siswa dan siswi mengunjungi Rumah Atsiri dan De Tjolomadoe. Di Rumah Atsiri siswa dan siswi dipandu oleh kakak pembimbing mengenal aneka jenis tanaman atsiri secara langsung dan melihat proses penyulingan minyak atsiri. Selanjutnya, siswa-siswi berkegiatan di De Tjolomadoe. Setelah makan siang, siswa-siswi dibagi menjadi tiga kelompok besar berkeliling di area De Tjolomadoe mengunjungi stasiun Karbonatasi, Ketelan dan Penguapan untuk melihat kemegahan mesin yang digunakan semasa menjadi PG Colomadu. Di Museum PG Colomadu, oleh kakak pemandu, dijelaskan mengenai sejarah PG Colomadu yang dikemas dalam berbagai media informasi yang menarik.

Kegiatan hari ketiga diawali dengan Lava Tour. Siswa dan siswi mengeksplorasi wisata merapi dengan mengunjungi Museum Mini Sisa Hartaku, The Lost World Park, Bunker Kaliadem dan diajak bermanuver di Kalikuning. Pada destinasi kedua, siswa dan siswi mengunjungi Agrowisata Omah Salak. Setelah makan siang, siswa dan siswi dibagi menjadi dua kelompok besar untuk mengikuti workshop pembuatan bolen salak dan manisan salak. Selanjutnya, siswa dan siswi makan malam di El Primo Sausage & Dairy sebelum menuju destinasi terakhir, Malioboro. Di Malioboro siswa dan siswi menikmati suasana malam Yogyakarta sembari berwisata belanja.

Kampung Batik Giriloyo yang terletak di Imogiri menjadi destinasi pertama yang dikunjungi dalam kegiatan Entrepreneur Student Visit Goes to Solo-Jogja hari terakhir. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan mengenai batik sebelum dilanjutkan dengan workshop membatik secara berkelompok. Pada destinasi kedua, siswa dan siswi mengunjungi Bakpia Kencana Ambarketawang. Setelah makan siang, siswa dan siswi dibagi menjadi tiga kelompok besar untuk mengikuti workshop pembuatan bakpia dan observasi proses produksi. Destinasi berikutnya adalah Omah Oblong. Siswa-siswi dipandu untuk melihat proses produksi produk Omah Oblong sebelum berbelanja buah tangan.

Sebelum mengakhiri kegiatan, siswa-siswi diajak untuk menikmati Soto Kadipiro, salah satu kuliner khas Yogyakarta. Kegiatan Entrepreneur Student Visit Goes to Solo-Jogja ditutup dengan perjalanan pulang dengan menggunakan kereta Taksaka dengan jadwal keberangkatan pukul 21.10 WIB.

Semoga kegiatan Student Visit Goes to Solo-Jogja ini dapat menambah pengetahuan, wawasan serta pengalaman yang berharga untuk angkatan Stargelious. Aamiin yaa robbal ‘alamiin. Terima kasih atas dukungan dan doa Ayah dan Bunda serta seluruh pihak pada kegiatan Entrepreneur Student Visit Goes to Solo-Jogja Angkatan Stargelious.