Selamat Hari Lingkungan Sedunia

Selamat Hari Lingkungan Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni, demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

Menjaga lingkungan sekitar kita itu sangat penting teruma disekolah karena sekolah adalah sebuah tempat bagi para pelajar menuntut ilmu. Sekolah itu bisa dikatakan sebagai rumah kedua bagi kita, sekolah pun harus selalu bersih dan terawat agar semua warga sekolah bisa merasa nyaman. Untuk menjaga lingkungan sekolah, tidak hanya dari perugas kebersihan sekolah, akan tetapi semua warga sekolah harus ikut serta menjaga kebersihan sekolah karena ini merupakan tanggung jawab bersama dan harus saling membantu mewujudkan kondisi lingkungan sekolah yang bersih dan terawat.

Nah teman-teman cara untuk menjaga lingkungan sekolah sebenarnya tidak sulit jika kita semua melakukannya bersama-sama. Berikut cara yang bisa kita lakukukan dalam menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan rapi, yuk simak bersama yuk!

  • Bersihkan kolong meja

Setiap orang pasti memiliki kolong mejanya masing-masing. Maka dari itu, semua orang harus merawat kolong mejanya dengan baik dengan cara tidak membuang sampah ke dalamnya. Jika sampah dibiarkan berhari-hari di dalam kolong meja hingga menumpuk, hal tersebut akan menimbulkan bersarangnya kuman dan bakteri dan menyembabkan bau yang tidak sedap atau bahkan bisa menganggu kesehatan kita.

  • Membuang sampah pada tempatnya

Sadarilah teman-teman bahwa sampah dapat merusak lingkungan. Maka dari itu selalu buanglah sampah yang telah kita gunakan pada tempatnya. Tidak membuang secara sembarangan mengingat bahaya dari membuang sampah sembarangan berakibat fatal bagi lingkungan. Hendaknya sampah yang dibuang itu dipisahkan antara sampah organik dan sampak anorganik agar memudahkan dalam memilah sampah-sampah mana yang ramah lingkungan dan yang tidak baik untuk lingkungan. Sampah organik yaitu sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang mudah terurai secara alami seperti sisa makanan, buah-buahan yang membusuk (termasuk kulinya). Sampah anorganik ialah sampah yang berasal dari plastik, aluminium, kaca, kertas, kardus, botol plastik.

  • Kurangi penggunaan plastik

Plastik merupakan salah satu limbah yang sulit diuraikan. Penggunaan plastik secara berlebihan dapat merusak lingkungan karena seratnya yang tak mudah diuraikan dan merusak lingkungan. Maka dari itu teman-teman perlu mengurangi penggunaan plastik dengan cara membawa makanan dan minuman dari rumah dengan wadah yang bisa dipakai berulang kali.

  • Jaga kebersihan toilet

Hampir setiap sekolah memiliki toilet. Toilet yang terawat merupakan toilet yang sangat diinginkan oleh semua orang. Toilet sekolah merupakan toilet yang bersifat umum yang selalu digunakan berulang kali. Jika toilet tak terawat tentu saja itu menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang ingin menggunakannya. Maka dari itu selalu jagalah kebersihan toilet demi kenyamanan bersama.

  • Melakukan piket kelas

Piket kelas merupakan kegiatan yang diperlukan, karena mengingat ruang kelas yang setiap hari digunakan dan tak lepas dari sampah atau debu yang berserakan. Piket kelas biasanya dilakukan secara berkelompok dengan cara menyapu lantai, membersihkan papan tulis dan merapihkan kursi serta meja.

Nah itu beberapa tips cara menjaga lingkungan sekolah dimulai dari hal kecil. Sekolah yang bersih dan terawat akan membuat warga sekolah nya bersemangat untuk belajar. Yuk teman-teman selalu jaga kebersihan lingkungan sekolahnya secara bersama-sama. Karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman.