Be A Proactive Teacher

Be A Proactive Teacher

Dalam rangka menyambut kehadiran semester dua tahun pelajaran 2020/2021, SMPIT Al Haraki kembali menyelenggarakan berbagai pelatihan yang diikuti oleh seluruh guru. Kegiatan pelatihan ini selain untuk mempersiapkan para guru menghadapi PJJ yang kembali diselenggarakan di semester genap ini juga bertujuan untuk menjadikan para guru SMPIT Al Haraki berkompetensi unggul dan berintelektual tajam sesuai dengan 7 karakter guru SIT Al Haraki.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan beberapa hari ini memiliki fokus yang berbeda-beda. Seperti pelatihan yang dilaksanakan pada hari Senin, 4 Januari 2021 yang peruntukkan hanya untuk para asisten wakil kepala sekolah dari empat bidang yang ada. Pelatihan yang digabung dengan dengan unit SD ini membahas mengenai leadership dan karakter pemimpin. Sedangkan pelatihan hari Selasa, 5 Januari 2021 yang diikuti oleh seluruh guru bidang studi membahas tentang AKM yang informasi lengkapnya bisa dicek di tautan berikut ttps://alharaki.sch.id/pelatihan-akm-guru/

Hari Rabu, 6 Januari 2021 pelatihan internal dari tim kurikulum untuk guru-guru baru SMPIT Al Haraki sebanyak enam orang. Kegiatan pelatihan ini dilakukan agar para guru baru memiliki pemahaman yang sama dengan guru-guru SMPIT Al Haraki lainnya terkait google suite. Adapun pelatihan di hari Kamis, 7 Januari 2020 kembali diikuti oleh seluruh guru SMPIT Al Haraki. Kegiatan yang diselenggarakan online ini membahas tentang perubahan PROTA, kegiatan MGMPS serta pembuatan RPP secara berkelompok dengan MGMPS masing-masing.

Agenda pelatihan terakhir diselenggarakan pada hari ini, Jumat, 8 Januari 2021. Kegiatan pelatihan diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian pembacaan ayat suci Alquran dan doa serta sambutan dari kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M. Pd. I. Sambutan kedua disampaikan oleh Direktur Pendidikan SIT Al Haraki, Ibu Susi P. Krisnawan, SH. Dalam sambutannya Ibu Susi kembali mengingatkan para guru untuk memiliki tujuh karakter guru SIT Al Haraki yakni, berkepribadian welas asih, berkompetensi unggul, berintelektual tajam, berdaya juang tangguh, berkomitmen tinggi, berkepedulian tinggi dan berbudi pekerti luhur.

Selain itu, Ibu Susi juga menyinggung terkait standar kemampuan guru. Apalagi ditengah pembelajaran jarak jauh ini kecakapan teknologi menjadi sangat penting untuk setiap guru. Tentunya sudah menjadi sebuah keharusan di kondisi seperti ini para guru melek teknologi, karenanya pihak SIT Al Haraki sempat melakukan post test untuk para guru terkait google suite. Adapun hasilnya sebagian besar guru SMPIT Al Haraki memiliki nilai cukup terkait pemahaman akan google suite tersebut namun hal ini tidak lantas berpuas diri karena guru pembelajar akan terus mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya.

Sejalan dengan pemahaman tersebut, setelah sesi pemaparan Ibu Dirdik SIT Al Haraki selesai, kegiatan dilanjutkan oleh Pak Faris selaku waka bidang Kurikulum yang menyampaikan materi menjadi guru yang proaktif. Dalam penyampaiannya Pak Fariz juga memberikan informasi terkait media belajar online seperti liveworksheets, mentimeter, dan powtoon. Para guru pun semakin antusias mengikuti sesi ini karena bisa langsung praktik langsung dalam membuat media tersebut serta bermain peran menjadi guru dan siswa.

Semoga seluruh rangkaian pelatihan ini memberikan banyak manfaat untuk para guru juga memberikan motivasi agar menjadi guru yang proaktif dengan terus melakukan berbagai inovasi pembelajaran. ALKI bisa!