Ceria Di Hari Pertama Sekolah

Guru Guru SDIT AL HARAKI

Penyambutan Siswa Baru Kelas 1 SD

PENYAMBUTAN SISWA BARU KELAS 1 TAHUN AJARAN 2016-2017

Extraordinary Circus untuk Teman Kecil

“Creating a welcoming environment is more than developing a special place for visitors to gather and talk or placing a ‘Welcome’ sign on the wall” (Dr. Layne Hunt). Menciptakan suasana yang penuh sambutan yang menyenangkan itu, merupakan hal yang lebih dari sekedar mengembangkan sebuah tempat spesial bagi orang yang akan datang. Sehingga suasana “kesan pertama mempesona” mampu memberikan dampak positif bagi seseorang, dan kenangan yang didapat tersebut, akan sulit juga dilupakan. Apalagi jika hal ini terjadi pada anak-anak.

Orkestra, merupakan gagasan kreatif dan penuh inovasi dari beberapa guru di SDIT Al Haraki dalam menyambut siswa baru. Bagi anak yang mengalami peralihan jenjang pendidian dari TK ke SD membutuhkan adaptasi yang luar biasa. Dengan memberikan nuansa awal yang mengejutkan, diharapkan kegiatanan Orkestra (Orientation of Class One Al Haraki) mampu memberikan kesan menyenangkan dan nyaman bagi mereka untuk menghadapi situasi yang baru. Terlebih lagi menjadikan sekolah adalah rumah ke dua bagi mereka.

Kegiatan ini sengaja bertemakan Extraordinary Sircuss, dikarenakan sirkus sangat identik sekali dengan hal-hal yang penuh kelucuan, semangat, keceriaan dan kegembiraan, sangat sesuai dengan karakter teman-teman kecil. Namun dibalik dari itu semua, terdapat sebuah proses belajar dan terus mencoba untuk mencapai hasil yang maksimal sehingga layak dipertontonkan.

Sebagai panitia inti, Guru-guru level I mengemas acara ini pada Hari Kamis, tanggal 21 Juli 2016. Tahap awal, siswa disambut oleh seluruh Guru-guru di Al Haraki sepanjang koridor pintu masuk sekolah. Menariknya, para guru disini tidak hanya berdiri dan mengucapkan selamat datang kepada para siswa baru, akan tetapi mereka menggunakan kostum sirkus yang lucu dan keren sehingga membuat nuansa penyambutan terkesan menakjubkan bagi mereka. Ada yang memakai kostum pesulap, singa cantik berholahop, karakter kelinci dan tikus ceria, bertopeng reog, bahkan sampai bertotalitas menjadi badut yang menggemaskan.

Bu Isnaini selaku Koordinasi acara MAS ini berpendapat, “Siswa baru perlu sekali diberikan penyambutan yang berbeda. Dengan adanya tema Sirkus, kami harapkan mampu memberikan kesan positif dan membuat mereka selalu bersemangat untuk ke sekolah”.

Kesan dari orang tua juga sangatlah luar biasa mengenai penyambutan seperti ini. “Saya sendiri sebagai orang tua sangat merasa berkesan dan puas dengan penyambutan ini. Saya yakin, anak saya nanti akan merasa senang dan berharap untuk segera kembali ke sekolah. Konsepnya sangat luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih atas acara yang hebat ini,” ujar Bu Lis selaku orang tua murid kelas 1 Mihrab.

Setelah semua siswa berkumpul di kelas dan selesai membaca doa, anak-anak dikumpulkan di sebuah aula khusus, guna mengikuti kegiatan selanjutnya. Salah satu guru memimpin pertemuan besar tersebut dengan wajah penuh ceria. Mereka diperkenalkan dengan semua guru yang ada di Al Haraki.

Proses perkenalan ini juga berbeda, masing-masing guru per level dan kelompok bidang studi, maju secara bergantian untuk menampilkan yel-yel dan berkenalan dengan cara yang menarik. Seperti halnya berpantun, bernyanyi, bahkan bermain tebak-tebakkan, sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dalam mengikuti masa perkenalan dengan guru-guru baru. Hal ini juga diharapkan mampu menghindari pemikiran dari siswa baru untuk berfikir bahwa guru SD itu menakutkan, sehingga anak-anak tidak perlu takut dan merasa siap bertemu dengan guru-guru ceria baru mereka.

Ketika acara perkenalan selesai, anak-anak berkumpul di Lapangan Sekolah untuk mengikuti beberapa game seru, diantaranya game Lempar Gelang dan Estafet Balon. Para siswa baru berbaris sesuai kelas mereka masing-masing. Game ini memang sengaja dikonsep seperti perlombaan. Selain meningkatkan keseruan, beberapa permainan tersebut bertujuan pula meningkatkan jiwa kompetitif yang sportif, kerjasama yang baik, serta rasa saling mendukung dan percaya kepada teman.

Kegiatan berikutnya, merupakan touring ke seputar toilet-toilet di sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan bagian-bagian tiap sisi toilet dan kegunaanya. Anak-anak dikenalkan pula bagaimana adab-adab ketika mereka di kamar kecil, seperti membaca doa, tidak bersuara, menggunakan alas kaki, dan lain sebagainya. Dan yang terakhir, para siswa baru mendapatkan juga penjelasan cara berthaharah yang benar.

Kegiatan Orkestra bertemakan Extraordinary Circus tersebut, tidak berhenti dengan hal-hal itu saja. Tetapi, mereka diajak untuk merefleksi apa saja yang sudah dialami mereka dan bagaimana perasaan mereka di hari pertama penerimaan nya sebagai siswa baru. Dengan demikian, anak-anak semakin aktif untuk mengungkapkan perasaan mereka dan terpicu untuk kembali hadir ke sekolah dengan perasaan bahagia.

Penyambutan
IMG-20160721-WA0005
IMG-20160721-WA0007IMG-20160721-WA0006 IMG_9541IMG_9519IMG_9540IMG_9527IMG_9346IMG_9324IMG_9369IMG_9377 IMG_9392

 

Perkenalan Guru

IMG_9466IMG_9384IMG_9442IMG_9398IMG_9384IMG_9463IMG_9486IMG_9678

 

Games

IMG_9823IMG_9818 IMG_9776IMG_9747

 

Photo Booth

IMG_0063 IMG_9996IMG_0052IMG_9476