Mengenalkan Baju Adat Daerah Kepada Anak

Ada banyak cara untuk menjaga dan memelihara kebudayaan negeri ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan baju adat daerah. Indonesia memiliki beragam baju adat dari berbagai provinsi. Mulai dari Aceh sampai ke Papua, baju adat tersebut tampak unik dan menarik.
Budaya dan tanah air sangat erat kaitannya. Mencintai budaya sama artinya dengan mencintai tanah air. Oleh karena itu, dengan menanamkan rasa cinta terhadap budaya, tentunya juga secara tidak langsung sudah menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam diri anak. Pakaian adat adalah salah satu unsur dari budaya dan termasuk salah satu kekayaan tanah air Indonesia.
Anak-anak mungkin tidak mengetahui apa makna di balik baju adat yang dipakainya. Mungkin yang mereka tahu, mereka hanya sekadar memakainya pada saat-saat tertentu saja seperti memperingati hari-hari bersejarah Indonesia seperti hari kartini atau pada saat mengikuti upacara adat seperti pernikahan. Oleh karena itu, sebagai pendidik memiliki kewajiban bagaimana menjelaskan makna dan informasi seputar baju adat tersebut yang memiliki dampak positif terhadap wawasan anak tentang Indonesia.
Dengan mengetahui beragam pakaian adat di Indonesia, secara otomatis anak juga mengenali perbedaan budaya yang justru menambah kekayaan bangsa ini. Dengan cara ini pula anak bisa belajar bertoleransi dengan orang lain sehingga kelak bisa membangun kehidupan yang tenteram dan aman. Sikap menghargai dan menghormati budaya daerah lain akan mencegah anak dari sifat etnosentrisme atau memandang rendah kebudayaan lain, yang bisa mengakibatkan gesekan atau perpecahan bangsa.
Jika anak sudah mengenal budaya negerinya sendiri, anak-anak tentu diharapkan dapat mencintainya. Dengan cara ini pula anak-anak bisa memelihara dan menjaga kebudayaan hingga dewasa kelak sehingga budaya yang sudah ada puluhan tahun tidak musnah dan tetap terjaga.

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank