Hari Pramuka, 14 Agustus 2021

Hari Pramuka, 14 Agustus 2021

Teman-teman sudah sering mendengar kata Pramuka , bukan?

Apakah teman-teman mengikuti kegiatan pramuka di sekolah? Biasanya, pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler.

Hari pramuka diperingati setiap satu tahun sekali, yaitu pada tanggal 14 Agustus.

Istilah Pramuka

Pramuka itu singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti “Jiwa muda yang suka berkarya”. Namun ternyata, kata Pramuka pertama kali diperkenalkan tahun 1950-an oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kata Pramuka diambil dari kata Poromuko, yang berarti prajurit yang terdepan dalam suatu peperangan.

Nah, pramuka dianggap sama dengan Pioner Muda yang saat itu merupakan salah satu kegiatan kepanduan di Indonesia. Makanya disebutlah Pramuka sebagai Praja Muda Karana. Sementara, Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi Bapak Pramuka Nasional dan kepala Kwartir Nasional (Ka-Kwarnas) pertama di Indonesia.

Seragam Pramuka

Seragam Khas Pramuka adalah atasan kemeja dengan dasi atau kacu. Warna yang digunakan umumnya mengacu pada alam. Di Indonesia, seragam Pramuka berwarna Coklat muda untuk atasan dan Coklat Tua untuk Bawahan. Kedua warna ini melambangkan elemen air dan tanah.

Tujuan Pramuka

Gerakan Pramuka merupakan gerakan yang bertujuan membentuk mental penerus bangsa agar bisa berbakti pada negeri. Pramuka mengajarkan kemandirian, pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti lugur yang disesuaikan dengan jati diri bangsa Indonesia.

Lambang Pramuka

Gerakan Pramuka dilambangkan dengan simbol tunas kelapa. Lambang ini diciptakan oleh Soenardjo Atmodipoerwo, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga tokoh Pramuka. Lambang ini dipergunakan pertama kali sejak 14 Agustus 1961, ketika Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Lambang pramuka mengandung arti kiasan sebagai berikut:

  1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa).
  2. Buah kelapa tahan lama. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet.
  3. Kelapa dapat tumbuh diberbagai jenis tanah. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun
  4. Kelapa tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi.
  5. Akar kelapa kuat. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.
  6. Kelapa pohon yang serbaguna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusabangsa dan agama.

Sekadar diketahui, Pramuka memiliki 3 tingkatan yang diatur berdasarkan usia. Para anggota yang berusia 7-10 tahun disebut Siaga. Usia 11-15 tahun disebut Penggalang. Selanjutnya, 16-20 tahun disebut Penegak. Tingkat paling akhir, yakni usia 21-25 tahun disebut Pandega.

Namun, tahukah teman-teman? ternyata  mengikuti kegiatan Pramuka itu ada banyak manfaatnya, lo, apa saja, ya?

  1. Penanaman Karakter Mandiri
  2. Melatih Karakter Disiplin
  3. Melatih Karakter Gotong Royong
  4. Meningkatkan Rasa Kepedulian
  5. Belajar Mencintai Alam
  6. Belajar Bekerja Sama
  7. Melatih kepemimpinan