Hari Olahraga Nasional

Cari Tahu Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita?

Teman-teman, siapa yang suka olahraga di pagi hari? Apakah hari ini teman-teman sudah berolahraga?

Hari ini adalah hari olahraga nasional lo! Yap, setiap 9 September Indonesia memperingati hari olahraga nasional.

Teman-teman tahukah sejarah hari olahraga nasionl ini? Cari tahu yuk sejarah singkat hari olahraga nasional.

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Pada tahun 1948, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) yang dibantu oleh Komite Olimpiade Republik Indonesia (Kori) pada saat itu telah mempersiapkan para atlet Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas XIV di London. Namun, usaha Indonesia untuk mengikuti olimpiade pada saat itu menemui banyak kesulitan. Pengakuan dunia atas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia yang belum diperoleh pada saat itu menjadi penghalang besar dalam usaha menuju London. Karena tidak membawa hasil seperti yang diharapkan semula, konferensi sepakat untuk mengadakan Pekan Olahraga yang direncanakan berlangsung pada bulan Agustus atau September di Solo. Pekan Olahraga Nasional 1 dibuka pada tanggal 9 September yang kemudian diperingati setiap tahunya sebagai Hari Olahraga Nasional.

Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Indonesia kembali meraih medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Kali ini medali didapatkan oleh pasangan atlet Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dari cabang olahraga bulutangkis. Pasangan ganda putri cabang olahraga badminton, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas. Medali emas yang diraih Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ini menjadi medali  emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil meraih medali emas cabang dari cabang olahraga bulu tangkis ganda putri menjadi salah satu momen yang memberikan kesan pada Olimpiade kali ini.

Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo ini bukan hanya mengenai menang dan kalah, namun juga ajang pertandingan untuk merasakan semangat olimpiade. Melihat atlet saling mendukung dan memuji satu sama lain hingga melewati batas negara yang mana hal ini merupakan semnagat sportivitas olahraga tertinggi.

Pada pertandingan paralimpiade kali ini juga, kiprah Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah yang berhasil meraih medali emas di cabang parabulu tangkis ganda putri.

Fakta Indonesia di Olimpiade

Teman-teman tahu berapa medali Olimpiade yang telah diperoleh Indonesia? Yuk, simak bersama.

  • Baru 3 cabang olahraga Indonesia yang mampu meraih medali di Olimpiade yaitu bulu tangkis, angkat besi, dan panahan
  • 7 medali emas yang diraih Indonesia di sepanjang gelaran Olimpiade, semuanya berasal dari cabang olahraga bulu tangkis
  • Indonesia telah mengikuti 15 dari total 31 kali gelaran Olimpiade

Pentingnya Olahraga

Teman-teman, ditengah pandemi ini, jangan lupa untuk selalu sempatkan melakukan olahraga ya. Olahraga sangat bermanfaat bagi kebugaran jasmani dan Kesehatan mental. Supaya rajin dan semangat berolahraga setiap hari, cari tahu manfaat berolahraga untuk anak-anak, yuk!

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Penelitian telah membuktikan bahwa anak yang berolahraga secara teratur memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Jenis olahraga anak yang dapat membantu mengoptimalkan kepadatan tulang adalah yang melibatkan Gerakan melompat, seperti skipping atau lompat tali.

Mencegah Obesitas

Olahraga yang dilakukan secara rutin sejak dini terbukti dapat membuat terhindar dari resiko obesitas atau berat badan berlebihan.

Mengoptimalkan Kesehatan Jantung

tahukah teman-teman bahwa aerobik juga tergolong sebagai olahraga untuk anak-anak? Olahraga ini dapat mengoptimalkan Kesehatan jantung anak. Olahraga aerobik dapat meningkatan denyut jantung sehingga makin banyak oksigen yang akan diedarkan ke seluruh sel di dalam tubuh. Olahraga aerobik yang bisa dilakukan oleh anak-anak adalah berlari, bermain basket, bersepeda, berenang dan sepak bola.

Meningkatan Fungsi Kognitif

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan berolahraga akan meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdsaran anak secara signifikan. Olahraga dapat membatu untuk bisa berkonsentrasi dan lebih fokus. Apabila saat melakukan olahraga dengan tim, kemapuannya untuk merencanakan sesuatu dan bekerjasama akan terasah dengan baik.

Membantu Rasa Percaya Diri

Berhubungan dengan bersosialisasi, olahraga membantu kita lebih percaya diri karena bertemu banyak teman dalam tim. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga membantu kita berpikir positif terhadapt diri kita, teman-teman.

Saat berolahraga, pastikan teman-teman tetap patuhi protokol Kesehatan saat berolahraga ya. Menggunakan masker saat olahraga cukup aman kok, selama intensitas olahraganya nggak berlebihan. Selalu jaga jarak dan hindari kerumunan, jangan lupa cuci tangan dulu sebelum menyentuh wajah, mulut, hidung dan mata.

Salam Olahraga