Haraki’s Day Level 5

Keterampilan menulis juga merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar mengajar siswa di SDIT Al Haraki. Kegiatan menulis menjadikan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan merangsang keterampilan siswa dalam hal merangkai kata. Akan tetapi, dalam penerapannya sering kali guru mengalami kesulitan untuk membiasakan siswa belajar menulis. Penyebabnya adalah kesalahan dalam hal pengajaran yang terlalu kaku sehingga menimbulkan kesan bahwa menulis itu sulit. Belum banyak guru yang bisa menyuguhkan materi pelajaran dengan cara yang tepat dan menarik. Maka dari itu, wajar jika siswa pun akhirnya tidak mampu dan tidak menyukai pelajaran menulis (mengaranng).

Seseorang enggan menulis karena tidak tahu untuk apa dia menulis, merasa tidak berbakat menulis, dan tidak tahu bagaimana harus menulis. Mereka juga mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat., terbatasnya kosa kata yang dimiliki, dan kurangnya imajinasi atau kreativitas untuk berifikir saat menulis. Ketidaksukaan tak lepas dari pengaruh lingkungan, keluarga, dan masyarakat serta pengalaman pembelajaran menulis atau mengarang di sekolah yang kurang memotivasi dan merangsang minat.

 

Sinematografi merupakan salah satu kegiatan yang sedang dikembangkan oleh SDIT Al Haraki, dimana kegiatan ini adalah suatu usaha untuk membentuk atau merancang metode program kreatif inovatif yang dibutuhkan untuk menterjemahkan kebutuhan tersebut ke dalam pembuatan Film Inspiratif di dalam maupun luar ruang. Dengan demikian adanya kegiatan ini kami ingin mengingatkan setiap siswa bahwa masa depan membutuhkan orang-orang kreatif, selain itu juga mengasah dan mencari bibit-bibit unggul di SDIT Al Haraki. Tentunya sebagai guru kami mengutamakan pendidikan yang membangun karakter, kreatifitas, dan inovasi. Kami percaya bahwa setiap siswa terlahir secara kreatif, tetapi pola pendidikan bangsa yang berbeda menghasilkan generasi bangsa yang berbeda pula. Maka disinilah peran penting seorang guru untuk ambil bagian membangun generasi anak bangsa untuk meningkatkan potensi kreatif tersebut.

               

 Mempertimbangkan hal di atas maka SDIT Al-Haraki melalui kegiatan Haraki’s Day ini akan mengadakan workshop menulis komik dan sinematography terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia untuk memberikan penyuluhan, pelatihan, maupun berbagi pengalaman dengan kegiatan yang mereka lakukan serta menampilkan karya-karya istimewa yang telah mereka hasilkan kepada siswa-siswi SDIT Al Haraki dengan tema “Raih Prestasi Temui Bakat”.

 

Alhamdulillah kegiatan Haraki’s Day 2018 berjalan sukses dilaksanakan. Bintang tamu dari Yumna art terdiri dari Kak Reni, Kak Irfan, dan Kak Difta telah mengekplore ilmu menulis kepada siswa level 5 dengan penuh semangat. Siswa mencoba membuat komik bersama tim dari Yumna Art dan hasilnya dapat dijadikan hasil karya yang maksimal. Telah terpilih dari penilaian tim Yumna Art dari siswa yang mendapatkan reward berupa komik danalat tulis, diantaranya Ananda Rayya (5 JT), Ananda Arini (5 JT), Ananda Zulfa (5 JN), Ananda Muyassar (5 JN) , Ananda Fafa (5 JR), dan Ananda Atta (5JR), Alhamdulillah ilmu yang didapatkan dapat menumbuhkan bakat sejak dini hingga berhasil dikemudian hari. Kegiatan kedua dari menulis dilakukan perkelompok dengan menulis cerita beruntun dengan lima buah lembar kertas. Alhamdulillah reward ini didapatkan oleh satu kelompok putra dan satu kelompok putri.

 

Kegiatan setelah Yumna Art, SDIT Al Haraki mengundang bintang tamu yang bernama Kak Sutardi yang biasa dipanggil Kak Yachi dari Cinematography, kegiatan ini berjalan dengan diawali pembuatan film documenter dengan durasi 15 menit yang dibintangi oleh Ananda Haitsar, Gagah, Yassar, Fafa, dan Akbar yang mengisahkan tentang Candyman. Hasilnya menarik dan dapat dijadikan pengalaman.  Setelah pembuatan film documenter ananda diberikan ilmu tentang membuat film dengan peran sutradara, cameramen, dan aktor. Selain itu siswa diberikan ilmu teorinya dan kelebihan dari seorang  yang bergerak dalam bidang broadcast. Dengan mengikuti kegiatan Harakis Day, maka membuka wawasan siswa untuk menemui bakat dan meraih prestasi sesuai dengan tema yang di usung oleh tim level V.

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank

About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki