.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Pada hari Kamis dan Jumat, 2-3 Mei 2024, sekolah SDIT Al Haraki menggelar Haraki Leader Camp (HLC) di Akbar Edu Camp, Cigombong, Bogor. Kegiatan yang di ikuti seluruh siswa level 4 ini mengambil tema “Bangun Karakter untuk Pemimpin Masa Depan”. Kegiatan ini merupakan perpaduan antara kegiatan kepramukaan dan latihan dasar kepemimpinan dan bertujuan untuk membentuk karakter pemimpin pada peserta didik melalui serangkaian aktivitas yang menantang dan bermakna.

Peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan khas kepramukaan, mulai dari perkemahan, kegiatan alam, hingga pengembangan keterampilan. Namun, yang membuat HLC menjadi berbeda adalah penggabungan dengan pelatihan dasar kepemimpinan. Mereka tidak hanya diajarkan keterampilan alam, tetapi juga keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan aspek-aspek lain dari kepemimpinan yang efektif.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua tahap, dengan pra-kegiatan dilaksanakan di sekolah pada 24 April 2024, dan acara inti dilakukan di Akbar Edu Camp. Pra kegiatan, siswa mengenal latihan baris berbaris yang di ajarkan langsung oleh Bapak Kostrad.Sementara pada kegiatan inti para peserta didik diajak untuk mengenal lebih dalam nilai-nilai karakter pramuka, seperti Dasa Dharma dan Tri Satya, yang menjadi landasan utama pembinaan generasi muda.

HLC juga menjadi momen untuk menerapkan berbagai prinsip-prinsip kepramukaan, termasuk . diberi pelatihan dan latihan dalam hal kepemimpinan, termasuk pengembangan keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan berbagai aspek lain dari kepemimpinan yang efektif. Dengan demikian, Haraki Leader Camp memberikan pengalaman yang holistik dalam pengembangan kepemimpinan dengan memadukan elemen-elemen kepramukaan dengan pelatihan dasar kepemimpinan. Selain itu, kegiatan HLC diisi dengan berbagai materi kepramukaan yang mengacu kepada poin-poin yang terdapat dalam SKU penggalang ramu.

Selain itu, HLC juga terintegrasi dengan pembentukan 8 karakter peserta didik, seperti berakhlak kokoh, bertanggung jawab penuh, dan berwawasan global. Setiap karakter memiliki indikator khusus yang ditujukan untuk memastikan peserta didik benar-benar mencapai tujuan pembentukan karakter tersebut.

Dengan demikian, Haraki Leader Camp bukan sekadar perkemahan biasa, tetapi merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan kepemimpinan mereka secara holistik, sekaligus memperkuat nilai-nilai pramuka yang menjadi fondasi pendidikan karakter di SDIT Al Haraki.

(Nuryana, S. Pd)