Kunjungan siswa level 7 ke PT. Sunindo Adi Perkasa dan Kebun Qur’an Jonggol Farm

Goes To Cilengsi & Jonggol

Haraki Entrepreneur Tour Level 7

Entrepreneur Tour merupakan kegiatan kurikulum SMPIT Al Haraki yang menjadi salah satu program unggulan yang dilaksanakan setiap tahunnya diperuntukkan bagi peserta didik level 7. Pada tahun pelajaran 2017-2018 ini kegiatan Entrepreneur Tour level 7 mengusung tema “Exploring and Growing The Entrepreneurship of The Rabbani Generatoin”, yang bertujuan agar peserta didik mampu menggali dan menumbuhan jiwa entrepreneurship. Serta menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan secara langsung bagi peserta didik. Kegiatan Entrepreneur Tour dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2018 dengan mengunjungi Pabrik Boneka Indopols (PT. Sunindo Adipersada) dan Jonggol Farm.

Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke Pabrik Boneka Indopols yang berlokasi di Jl. Raya Cileungsi-Bekasi, Bogor, Jawa Barat. Peserta didik diberikan penjelasan mengenai sejarah berdirinya pabrik boneka yang sudah berdiri sejak tahun 1992. Pabrik ini memproduksi berbagai boneka dan diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Kanada dan negara lain di benua Eropa. Para peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok kemudian mengamati kegiatan yang dilakukan dimulai dari proses designing bentuk boneka yang akan dibuat, cutting pola, sewwing (penjahitan), kemudian pengecekan laboratorium, pemasangan mata dan hidung boneka dan terakhir tahap finishing untuk pengecekan boneka dimulai dari label dan kelengkapan lain dalam boneka. Peserta diberikan kesempatan untuk mengetahui proses pembuatan dampai distribusi yang dilakukan oleh pabrik boneka indopols. Selain itu peserta didik juga mengunjungi showroom pabrik boneka yang didalamnya berisi berbagai koleksi boneka yang telah dibuat, koleksinya bahkan mencapai ribuan boneka.

Kemudian kegiatan entrepreneurship dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi kedua yaitu, Jonnggol Farm yang berlokasi di Singajaya, Jonggol, Bogor. Pada kunjungan dilokasi kedua ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar yang nantinya akan dikelompokan ke dalam kelompok pertanian dan perternakan. Terdapat hal yang istimewa yang akan dipelajari peserta didik diantaranya adalah peserta didik akan mempelajari cara bertani dan mengetahui jenis-jenis tumbuhan surga yang dibudidayakan seperti: Tin, Kurma, dan Zaitun. Peserta didik mempelajari cara budidaya dan manfaat yang terkandung dalam tumbuhan-tumbuhan yang ada dalam al-Quran tersebut. Selain itu peserta didik juga mempelajari cara berternak sesuai dengan ajaran Rasulullah saw.

Kegiatan entrepreneurship ini diharapkan mampu menjadi salah satu cara peserta didik dalam menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Serta diharapkan apa yang mereka pelajari dalam kegiatan ini dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kunjungan siswa level 7 ke PT. Sunindo Adi Perkasa dan Kebun Qur’an Jonggol Farm

[FAG id=4660]