.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

“Cinta Bumi, Selamatkan Hidupku”

Character Building merupakan metode widya wisata yang digabungkan dengan pengembangan fisik. Metode ini bertujuan untuk memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya.  Kegiatan Character Building level 2 ini dilakukan di tempat wisata Pasir Mukti yang berada di Citeurep pada tanggal 15 Oktober 2019 dengan menggunakan 3 unit bus. Dengan siswa berjumlah 124 siswa dan 10 guru, 1 K7, dan 1 dokumentasi.

Program kegiatan Haraki Character Building dengan tema “Cinta Bumi, Selamatkan Hidupku” bertujuan untuk memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dengan mudah dan berkesan melalui alam dengan kegiatan Agro pintar seperti memanen sayuran, menanam pohon, memberi makan ikan, memberi makan bebek, mengenal dunia ikan, serok ikan, fruity work, melukis caping, dan mini outbond.

Tetiba sampai di Kawepe, siswa di bariskan berdasarkan kelompoknya, yang terdiri dari 8 kelompok. dan sebelum kegiatan berlangsung pihak kawepe memberikan welcome drink yaitu donat dan es teh manis. setiap kelompok terdapat satu facil Kawepe yang membimbing peserta didik, dari berbagai macam kegiatan, diatur secara parallel sehingga semua aktivitas dapat dilakukan dengan maksimal.

Setiap kegiatan dilahan yang agak jauh jauhan, namun ada yang areanya berdekatan yaitu serok ikan, memberi makan bebek, dan mini outbond. Pada kegiatan memanen sayur, peserta didik memanen pohon sayur bayam merah. selanjutnya  sebelum memberi makanan pada ikan tawar, peserta didik diberi pengetahuan tentang keguanaan sirip pada ikan. Sirip-sirip ikan diantaranya ada sirip punggung untuk belah arus air, sirip ekor untuk menaikkan kecepatan berenang, sirip anal untuk rem, supaya tidak menabrak, sirip perut untuk stabilitas, sirip dada untuk salip kanan kiri, Keren kan ternyata sirip ikan banyak nama dan kegunaannya. Selanjutnya  memberi makan ikan tawar, yang diantaranya, ada ikan lele, ikan emas, ikan gurame, ikan patin, dan ikan bawal. Kegiatan yang berkesan juga adalah saat melukis caping. Peserta didik dapat melukis caping dengan kreatif sehingga hasilnya menjadi warna warni nan indah. Terakhir kegiatan adalah menanam tanaman di pot. Peserta didik dapat mengikuti sesuai petunjuk yang diinstruksikan facil pihak Kawepe, dan agar tidak tertukar setiap pot, guru berikan sticker untuk ditempelkan di pot.

Keantusiasan mereka saat kegiatan berlangsung interaktif, peserta didik dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Banyak pertanyaan yang dihaturkan kepada facil Kawepe. Pertanyaan tersebut adalah “ikan dikasih makan apa kak? Pasir Mukti ini di daerah mana kak? Ikan tawar yang ada di kola mini ada apa saja jenisnya kak? Setelah serok ikan, apakah ikan yang kita dapatkan akan dibawa pulang?”

Alhamdulillah saat berada disana peserta didik level dua dapat mengikuti peraturan yang ada disana, membuang sampah pada tempatnya, melakukan 5 S (salam,sapa,senyum, sopan, dan santun). Tertib mendengarkan penjelasan facil Kawepe.

Alhamdulillah kegiatan Haraki Character Building level 2 berjalan dengan baik dan lancar serta dapat menonjolkan karakter siswa yang terdiri dari berkarakter mandiri, berwawasan global, berkepribadian tangguh, dan bertanggung jawab penuh.