Fieldtrip Level 5

Alhamdulillah level 5 kali ini berkesempatan mengunjungi Museum Kepresidenan, Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi. Ketiga tempat tersebut terletak berdekatan berada di kawasan Kebun Raya Bogor, Kota Bogor. Tempat ini kami pilih karna, pertama; sesuai dengan pokok bahasan pelajaran yang sedang diampu oleh level 5 baik pelajaran IPS, Bahasa dan IPA. Kedua; sebagai salah satu cara bagi sekolah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme serta kecintaan para siswa kepada alam, ketiga: yaitu karna ketiganya mudah diakses dan saling berdekatan.

Di Museum Kepresidenan (Balai Kirti) para siswa diajak untuk melihat serta mengamati dokumentasi-dokumentasi kenegaraan khususnya barang-barang peninggalan presiden terdahulu. Sejak dari presiden Soekarno sampai SBY. Semua barang-barang pribadi mulai dari seragam kepresidenan serta foto-foto presiden beserta keluarga ter-display dengan baik dan rapih. Semuanya ada di Ruang Galeri Kepresidenan. Meskipun masih dalam tahap pembangunan, Balai Kirti sudah layak untuk dikunjungi.

Setelah dari Balai Kirti para siswa bergegas menuju ke Kebun Raya Bogor, disana sudah ada pemandu yang memandu para siswa untuk mengenal berbagai macam flora dan fauna lebih dekat. Sesampaikan di KRB para siswa langsung menuju ke Gedung LIPI untuk melihat presentasi tentang tumbuhan dari para ilmuwan LIPI. Para siswa pun nampak antusias mendengar penjelasan dari kakak-kakak pemandu LIPI, dan ternyata masih banyak tumbuhan-tumbuhan unik yang belum diketahui oleh para siswa. Kegiatan diakhiri dengan praktek menyambung tumbuhan yang dipandu langsung oleh petugas LIPI.

Tempat terakhir yang dikunjungi para siswa adalah Museum Zoologi, masih dalam satu paket kunjungan KRB para siswa tetap dipandu oleh guide dari LIPI. Disana anak-anak diajak untuk mengamati berbagai macam fauna/binatang dari berbagai spesies. Siswa-siswi juga aktif bertanya kepada guide, selain karna ingin tahu juga karna harus mengisi WorkSheet yang dibagikan oleh guru. Beberapa siswa juga terlihat berdialog dengan pengunjung yang berasal dari luar negri (WNA). Selesai melakukan pengamatan para siswa segera melaksanakan sholat zuhur dan makan siang.

[FAG id=4178]