FieldLab Level 8 Goes To Bandung

MENGGALI POTENSI BUDAYA LOKAL UNTUK MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEURSHIP

FieldLab Level 8 Goes To Bandung

Kamis,13 Oktober 2016 siswa SMPIT Al Haraki level 8 melaksanakan kegiatan Field Lab ke Bandung. Field Lab merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik melalui pengamatan langsung di lapangan, khususnya pada bidang kewirausahaan. Field lab pada tahun ini mengusung misi “Menggali Potensi Budaya Lokal Untuk Membangun Jiwa Entrepreneurship” dengan harapan agar peserta didik dapat lebih mengenali potensi budaya yang ada di daerahnya, khususnya Jawa Barat dan dapat mengembangkannya sebagai salah satu bentuk kewirausahaan. Pada kegiatan Field Lab ini, siswa Level 8 atau yang dikenal dengan nama angkatan Descomifion mengunjungi tiga tempat kunjungan di Bandung yaitu Tahu Susu Lembang, Kopi Luwak Cikole, dan Galeri Wayang Cupumanik.

Perjalanan Field Lab menuju Bandung ditempuh dengan menggunakan tiga Bus dalam waktu tempuh empat jam ke tempat tujuan kunjungan pertama yaitu Tahu Susu Lembang. Anak-anak melakukan pengamatan secara langsung proses pembuatan tahu susu lembang dan tentu menikmati hidangan tahu susu lembang. Melalui proses pengamatan cara pembuatan tahu susu lembang ini diharapkan dapat menambah wawasan anak-anak tentang salah satu icon kuliner yang ada di Bandung dan diharapkan pula dapat melahirkan inspirasi untuk mengembangkan potensi lokal dalam kegiatan wirausaha.

Selesai melakukan kunjungan di Tahu Susu Lembang, selanjutnya anak-anak beranjak untuk mengunjungi rumah produksi kopi luwak cikole. Rumah produksi kopi luwak cikole merupakan satu-satunya rumah produksi kopi luwak asli yang ada di Bandung. Anak-anak mendapatkan edukasi tentang bagaimana proses fermentasi alami kopi oleh hewan luwak. Selain itu anak-anak diajak untuk mengamati secara langsung dan mencoba proses pengolahan kopi luwak. Anak-anak juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan luwak yang ada di rumah produksi kopi luwak cikole.

Setelah kunjungan di Kopi Luwak Cikole berakhir, rombongan field lab beranjak menuju Galeri Wayang Cupumanik yang berada di daerah kebon kawung (depan stasiun Bandung). Galeri wayang cupumanik merupakan salah satu sentra pembuatan kerajinan wayang golek. Anak-anak melihat proses pembuatan wayang golek, dan beberapa hasil produksi kerajinan wayang seperti pulpen wayang, dll. Dalam kunjungan ke galeri wayang cupumanik, anak-anak diperkenalkan dengan kesenian daerah Jawa Barat yaitu wayang golek, dan diperkenalkan dengan tokoh-tokoh pewayangan. Kunjungan di Galeri Wayang Cupumanik merupakan kunjungan terakhir pada kegiatan Field lab ini. Selanjutnya rombongan field lab melanjutkan perjalanan pulang kembali ke SMPIT Al Haraki

 

img-20161013-wa0018img-20161013-wa0085 img-20161013-wa0086img-20161013-wa0088img-20161013-wa0087img-20161013-wa0008

img-20161013-wa0039img-20161013-wa0038

img-20161013-wa0018

Add comment


This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.