CHARITY TRIP Level 6 di MI Mathlaul Anwar Bogor

Long life education, itulah kalimat yang menggambarkan bahwa masa belajar manusia dimulai sejak lahir sampai meninggal dunia. Belajar mencakup ruang dan waktu, tidak terpetak-petak atau tidak pula terbagi-bagi. Pada hakikatnya belajar adalah bagaimana memahami arti hidup, membedakan benar salah serta untuk kenikmatan sebuah hidup itu sendiri. Orang yang belajar akan mengetahui sesuatu dan melaksanakannya dengan hati.

Belajar tidak hanya terbatas dalam ruang kelas, itulah yang SDIT Al Haraki lakukan untuk membekali siswa untuk kehidupan di masa yang akan datang. Salah satu kegiatan belajar yang dilakukan siswa level 6 yaitu dengan melakukan “Charity Trip”. Secara umum kegiatan ini adalah untuk melatih life skill, di mana mereka belajar membuat satu even kegiatan, komunikasi, sosialisasi, kerja sama tim, serta tentu saja yang paling penting adalah rasa peduli terhadap sesama manusia.

Kegiatan Charity Trip dilakukan dalam dua tahap, pertama disebut pra kegiatan dimana fokus kegiatan ini adalah pengumpulan dana melalui kegiatan menabung, wirausaha (berjualan alat tulis dan makanan sehat), koser amal (mengapresiasikan seni melalui pertunjukan), serta bazar aneka makanan berbahan dasar beras, singkong, jagung dan bahan makanan pokok lainnya. Dana yang terkumpul dari kegiatan tersebut semuanya akan di donasikan sebagai bentuk kepedulian mereka.

Tahap kedua atau inti dari kegiatan ini adalah Field Trip (wisata pendidikan) ke Wisata Budaya Kampung Cinangneng, Bogor dilanjutkan dengan kegiatan Charity ke Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar di daerah Ciangsana, Bogor. Setelah anak belajar berbagai kebudayaan daerah Jawa Barat seperti alat musik angklung, menyanyi lagu daerah ataupun bermain gamelan khas sunda, siswa level 6 ini melakukan kegiatan donasi bekerja sama dengan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar. Di sekolah tersebut, siswa level 6 SDIT Al Haraki membuat suatu acara seremonial dengan melibatkan panitia dan pengisi acara dari siswa level 6 tersebut. Penampilan kedua sekolah yang diwakili masing-masing siswa menjadi lebih semarak dengan ditutup melalui pertandingan persahabatan (futsal dan tarik tambang). Bantuan donasi menjadi puncak kegiatan bersama MI Mathlaul Anwar yaitu siswa SDIT Al Haraki memberikan bantuan kepada 130 siswa di MI Mathlaul Anwar dengan memberikan paket pendidikan berupa peralatan pendidikan (tas, buku, pensil, dll), selain itu siswa yang yatim/piatu juga tidak luput dari perhatian siswa level 6 SDIT Al Haraki, mereka memberikan dana pendidikan kepada siswa yatim/piatu tersebut. Tidak berhenti di situ, siswa level 6 SDIT Al Haraki juga berkontribusi dengan memberikan rak buku di tiap kelas MI Mathlaul Anwar dan peralatan olahraga untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, serta beberapa barang yang menunjang untuk kegiatan siswa dan guru MI Mathlaul Anwar. (reds ardhian)

[FAG id=4325]