Classroom Action Research Training for Teachers of SMAIT Al Haraki “Improving Learning Quality in the Classroom”

SMAIT Al Haraki dibentuk untuk mewujudkan generasi Robbani yang berkualitas, kompetitif dan berwawasan global. Dalam berupaya mewujudkan visi tersebut,  SMAIT Al Haraki selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas para pendidik yang menjadi ujung tombak pendidikan terutama di dalam kelas. Sehingga, untuk mencapai kompetensi guru yang berkualitas, SMAIT Al Haraki mengadakan pelatihan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) bagi guru-guru pada tanggal Jum’at 12 Maret 2021 pukul 13.00 WIB. Pelatihan ini diisi oleh seorang narasumber yaitu bapak Fakhrur Razi, M.Pd yang sekaligus merupakan guru Matematika SMAIT Al Haraki.  

 

Penelitian tindakan kelas ialah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan melalui beberapa siklus secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelasnya. Karena permasalahan di kelas bermacam macam sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami guru, maka penelitian ini dibangun atas dasar “permasalahan masing-masing pembelajaran” yang mungkin tidak akan sama satu sama lain. Kemudian, solusi untuk perbaikan kelas yang didapatkan dari penelitian ini dapat berbeda-beda pula dan secara terus menerus direfleksikan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

 

Saat pelatihan berlangsung, materi yang diberikan oleh pak Razi diantaranya ialah, apa itu PTK?, bagaimana prosedur melakukan ptk? dan bagaimana mempublikasikan karya ilmiah ptk?. Selain mendapatkan materi,  setiap guru juga dilatih untuk membuat peta konsep PTK sesuai dengan mata pelajaran yang diampu masing-masing guru. Konsep PTK yang dibuat terdiri dari fakta yang diamati guru, identifikasi masalah, penyebab, strategi awal penyelesaian masalah dan hasil yang diharapkan. Kemudian, beberapa guru mempresentasikan  peta konsep PTK mereka sebagai bahan diskusi dan berbagi pengetahuan dengan guru-guru lain.

 

Melalui pelatihan ini diharapkan guru mampu membuat karya ilmiah berupa artikel PTK yang dipublikasikan ke jurnal Nasional atau Internasional. Tentunya, sekolah berharap guru-guru dapat menghasilkakan karya yang bermanfaat bagi perbaikan pembelajaran di kelas masing-masing yang menuntun pada tercapainya visi dari SMAIT Al Haraki. Terkahir, narasumber juga berpesan agar guru-guru tidak berhenti berkarya karena “karyamu ialah jati dirimu, jika kamu seorang guru karyamu ialah meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasmu”