Wakil Walikota Depok Serahkan Penghargaan untuk SIT Al Haraki

Ada yang berbeda pada acara apel pagi jajaran pemerintahan Kota Depok, Jawa Barat, pada tanggal 5 November 2018 di Lapangan Balaikota Depok. Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Depok menyerahkan Piagam Lomba Budaya Mutu tingkat Nasional dan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional kepada SDIT Al Haraki dan SMPIT Al Haraki.

“Ini sangat membanggakan kota Depok dalam Lomba Budaya mutu Tingkat Nasional 2018 dan Akreditasi Perpustakaan.
SDIT Al Haraki mendapatkan anugrah sebagai Juara Pertama Lomba Budaya Mutu sekolah Dasar pada kategori Manajemen Berbasis Sekolah Tingkat Nasional tahun 2018 dan Sertifikat Akreditasi A Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” kata Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Piagam Lomba Budaya Mutu dan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah SDIT dan SMPIT Al Haraki diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Depok kepada kepala Sekolah SDIT Al Haraki Dewi Hartati dan Humas Al Haraki Hidayat.
Sedangkan dari SMPIT Al Haraki diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum Siti Maidona.

Saat menyerahkan sertifikat dan piagam penghargaan, Walikota Depok didampingi perwakilan dari Perpustakaan Nasional RI Nurcahyono, Kepala Dinas Pendidikan kota Depok Mohammad Thamrin dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah.

Lomba Budaya Mutu adalah satu program dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Lomba diadakan sebaga salah satu upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dengan komponen penilaian mencakup 1) Pembelajaran, 2) Manajemen Berbasis Sekolah, 3) Ekstrakurikuler.

Penilaian Lomba Budaya Mutu 2018 dimulai dari tahap penilaian portofolio sekolah selanjutnya visitasi oleh dewan juri. Di babak final, dilakukan uji presentasi tentang Manajemen Berbasis Sekolah

“Total peserta yang ikut kompetisi lebih dari 1500 sekolah di seluruh Indonesia yang terbagi tiga kategori yaitu negeri, swasta, dan rujukan,” kata Dewi Hartati

Anugerah juara ini didapat berdasarkan program penguatan pembelajaran yang dinilai oleh pemerintah pusat sebagai program bermutu. Sekaligus standar kelululusan SDIT Al Haraki yakni, aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik.

SDIT Al-Haraki mempunyai 20 inovasi dalam bidang pembelajaran, ekstrakulikuler, dan Manajemen Berbasisi Sekolah Dari jumlah tersebut, 12 inovasi ditekankan di Manajemen Berbasis Sekolah di antaranya, pengelolaan karakter positif peserta didik melalui musik, pelatihan manajemen pendidik dan kependidikan, dan peningkatan sarana-prasarana.

Sedangkan tujuan dilakukannya akreditasi perpustakaan sekolah adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Selain itu manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Setelah melalui proses visitasi oleh Perpustakaan Nasional RI, Perpustakaan SDIT dan SMPIT Al Haraki Depok, berhasil meraih Nilai Akreditasi A dalam penilaian Akreditasi yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk jenjang Sekolah Dasar dan Menengah.

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank