Simulasi Penanggulangan Kebakaran bersama Damkar Depok

Musibah kebakaran adalah musibah yang kerap terjadi di wilayah kota dan juga wilayah padat penduduk, hal ini terjadi karena kondisi lingkungan serta kurangnya pemahaman dan kesadaran akan bahaya kebakaran.

SIT Al Haraki pada sabtu, 01 september 2018 bekerja sama dengan Pemadaman Kebakaran Kota Depok menyelenggarakan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran agar terus waspada dan bersiap siaga terhadap musibah kebakaran yang mungkin terjadi di mana saja dan kapan saja terlebih lagi di wilayah yang padat penduduk.

Kegiatan simulasi ini diawali dengan teori tentang pemahaman akan bahaya kebakaran, cara memadamkan api awal, jenis-jenis Apar (Alat pemadam api ringan), dan juga sikap tenang dan berani saat terjadi kebakaran. Pak Naim selalu komandan lapangan pada kegiatan simulasi tersebut menyampaikan “jika kita berani tuk memadamkan api awal, maka berani,berani dan berani jika ragu tuk memadamkannya lebih baik mundur”.

Peserta simulasi ini terdiri atas security, tim pramubhakti, pekerja kantin dan catering,tim administrasi sekolah serta manajemen yang merupakan front terdepan serta wilayah di mana mereka bekerja merupakan wilayah yang vital terhadap keselamatan jiwa dan juga berkas berkas penting.

Kegiatan simulasi juga dilaksanakan di lapangan dengan mempraktikan pemadaman api awal dengan cara tradisional dan juga modern, satu persatu mulai dari security sampai tim admin mencoba tuk memadamkan api awal dengan cara tradisional dan juga modern, alhamdulillah seluruhnya berjalan lancar dan api dapat dipadamkan.

Semoga kegiatan simulasi ini dapat berkelanjutan dan pemahaman serta kesadaran akan bahaya kebakaran semakin meningkat sehingga bencana kebakaran dapat dihindari dan yang terpenting tidak terjadi bencana tersebut aamiin

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank

About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki