School Visit and Exploring The Beauty of Bali

Studi banding merupakan progam yang sangat membantu untuk meningkatkan pola berfikir dan mutu bagi seseorang atau golongan dalam menginginkan perbaikan. Selain itu, untuk memperkuat sinergisitas dalam perkembangan sebuah karir, juga sangat dibutuhkan adanya progam ini.

Sekolah Islam Terpadu Al Haraki mempunyai program Studi Banding yang rutin dilakukan setiap tahun, baik studi banding untuk sekolah di dalam negeri maupun di luar negeri.  Pada akhir Agustus 2017, tepatnya pada tanggal 23-25, SIT Al Haraki menugaskan empat guru dari unit SDIT maupun unit SMPIT yaitu Novita Andriani, S.Pd, Ginanjar Sidik, S.Pd, Satria Prahdana, S.Pd dan Agoeng Indri Puspita Lestari,S.Pd untuk melakukan Studi Banding ke Bali.   Rangkaian kunjungan sekolah yang dilaksanakan meliputi Sekolah International maupun Sekolah Islam yang ada di Bali yaitu Green School, SIT Albanna, Sunrise School dan Canggu School

Sekolah-sekolah tersebut memiliki karakter yang berbeda dalam mengemas kurikulum atau sistem pendidikannya. Namun, sudut pandang sekolah di manapun memang akan selalu sama, yakni menciptakan generasi manusia yang  lebih baik.

Green School merupakan sekolah luar biasa yang menawarkan konsep belajar nature yang  berada di tengah-tengah alam Bali. Kreatifitas siswa dalam ber-invention sangat menjadi perhatian di sekolah ini.  Kemudian SIT Albanna, sekolah Islam ternama di Bali ini mampu memberikan kekuatan hati para siswa untuk struggle dalam mengibarkan jiwa Islam. Selain itu mereka juga mengunjungi Sunrise School dan Canggu School. Sunrise School mengajarkan bagaimana caranya memberi kebebasan bagi siswa untuk bereksplorasi dengan dunia yang mereka inginkan. Canggu School merupakan sekolah International yang menawarkan affordable class namun tetap bernuansa international.

Dari hasil studi banding ke sekolah-sekolah tersebut dapat disimpulkan, bahwa untuk menciptakan pemimpin mulia di masa depan serta menciptakan sekolah hebat yang dapat meluluskan siswa hebat untuk masa yang akan datang, perlu akan adanya ide, loyalitas, dan integritas yang tinggi dari masing-masing sisi yang ada sekolah. Bukan hanya Manajemen Sekolah yang selalu melakukan perubahan, namun sinergisitas semua tangan wajib bercampur guna mencapai misi bersama menuju harapan yang selalu berubah menjadi lebih baik.

Selain kegiatan studi banding, juga dilakukan kunjungan ke beberapa destinasi wisata di Bali untuk menambah wawasan. Semoga studi banding ini dapat bermanfaat untuk peningkatan mutu sekolah dan memberikan ide-ide kreatif dalam pengembangan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank