Idul Adha 2018

Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari raya ini tidak hanya dirayakan oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah, melainkan juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Hari raya ini disebut juga hari raya Qurban, hari ditunaikannya kewajiban menyembelih hewan qurban bagi setiap hamba-Nya yang mampu sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. Hal ini sejalan dengan firman Allah Swt. dalam surat Al-Hajj ayat 34. Ayat tersebut memiliki arti, “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)”. Berdasarkan landasan syariat dari ayat suci di atas, serta menimbang fungsi dakwah dan rasa peduli terhadap sesama saudara di sekitar, maka DKM Al Haraki bekerja sama dengan SIT Al Haraki ikut menyelenggarakan perayaan Idul Adha di lingkungan SIT Al Haraki.

Selama tiga pekan sebelum pelaksanaan Idul Adha, siswa telah diajak berpartisipasi dengan cara menyisihkan sebagian dari uang sakunya untuk diinfakkan sebagai bahan pembelajaran mengenai pentingnya berqurban. Para orang tua murid, guru, komite, dan yayasan juga turut berpartisipasi baik dalam bentuk infak maupun qurban hingga akhirnya SIT Al Haraki berhasil menerima dan menyalurkan hewan qurban sebanyak 7 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Seluruhnya disalurkan kepada para mustahik dari warga kampung Belimbing, Bojong Jati, petugas kebersihan, tukang becak, instansi-instansi sosial, sekolah master, karyawan dan guru.

Kegiatan Idul Adha 1439 H yang diselenggarakan pada hari Rabu, 22 Agustus 2018 diawali dengan pelaksanaan shalat Idul Adha pada pukul 06.30 di masjid SDIT Al Haraki yang dihadiri oleh guru, karyawan dan masyarakat sekitar. Ust. Tijani, S.Pd.I selaku imam shalat memimpin jalannya shalat dengan khidmat dan Ust. Hasan Basri, S.Pd.I selaku khotib menambah khidmatnya suasana melalui pesan-pesan yang disampaikan dalam khotbah diantaranya menjadi pribadi yang selalu berbakti kepada orang tua, berusaha menjadi muslim yang tangguh, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Selepas sholat, para jamaah dipersilakan menuju kantin SDIT Al Haraki untuk menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia. Suasana keakraban dan rasa kekeluargaan antarjamaah semakin terasa dengan adanya acara makan dan ramah tamah ini.

Beberapa saat setelah menikmati hidangan, kegiatan dilanjutkan dengan proses pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan di area SMPIT Al Haraki. Proses pemotongan dimulai pukul 08.30, dilanjutkan dengan proses pembungkusan, dan diakhiri dengan proses pendistribusian paket qurban kepada para mustahiq. Berkat kerja sama yang baik antara yayasan, manajemen, guru, pengurus BEST, tim jagal professional dan masyarakat sekitar, seluruh rangkaian kegiatan Idul Adha 1439 H di SIT Al Haraki berhasil diselesaikan dengan baik dan lancar.

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank

About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki