Field Trip Level 1 – Mekar Sari

Dunia pendidikan merupakan wadah potensial yang membentuk kesiapan generasi muda dengan modal kompetensi yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan siswa dididik dan  dibina untuk menjadi generasi yang tangguh dan mandiri. Salah satu langkah yang diambil oleh SDIT Al Haraki untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa level 1 adalah dengan mengadakan kegiatan field trip yang mengusung tema “Healthy Food For Better Life”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2018 di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi – Bogor.

Di Mekarsari siswa level 1 diajak berpetualang untuk mendapatkan pengalaman belajar di alam terbuka. Kegiatan pertama dimulai dengan memanen sayuran, selesai memanen siswa membuat kreasi dari tanah liat secara bersama-sama yang dipandu oleh kakak-kakak pembimbing. Mereka membuat kreasi tanah liat dengan cetakan yang sudah disediakan. Kreasi tanah liat ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan motorik siswa.

Selanjutnya siswa melanjutkan petualangannya ke tempat penanaman buah dalam pot (tabulampot). Di area ini siswa mendapat pengalaman langsung tentang bagaimana cara menanam tanaman buah dalam pot yang baik dan benar dengan bantuan dan arahan dari kakak-kakak pembimbing. Setelah menanam, siswa mengelilingi area Mekarsari dengan menggunakan kereta wisata untuk melihat jenis-jenis tanaman buah dan mendengarkan penjelasan dari kakak pembimbing tentang keanekaragaman jenis tanaman buah yang ada di Mekarsari. Usai berkeliling, kegiatan diakhiri dengan makan bersama, salat zuhur berjamaah, dan pembagian jus buah.

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank

About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki